PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KECAP MANIS ABC DI JABODETABEK

Elpawati Elpawati, Rizki Adi Puspita Sari, Halimatus Sa'adah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek dari bauran pemasaran terhadaployalitas konsumen. Sebanyak 100 responden diwawancarai terdiri dari konsumenyang pernah mengkonsumsi atau mengkonsumsi kecap ABC setidaknya sekaliselama setahun terakhir. Analisis deskriptif dan metode path digunakan untukmenganalisis hubungan antara variabel independen, yaitu produk, harga, tempat,dan promosi terhadap variabel dependen, loyalitas pelanggan (Y2) melaluimediasi variabel atau variabel perantara, perilaku konsumen (Y1). Hasil penelitianmenunjukkan bahwa variabel produk, harga, tempat, dan promosi bersama-samamemiliki pengaruh pada perilaku konsumen saat uji parsial menunjukkan bahwavariabel produk dan promosi memiliki efek langsung pada loyalitas konsumen,dan variabel harga dan tempat tidak memiliki pengaruh secara langsung tetapimelalui variabel perantara yaitu perilaku konsumen.

Keywords


kecap manis; marketing mix; perilaku konsumen; loyalitas konsumen; analisis path

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v10i1.9227 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

CrossRefCrossRefCrossRef

CrossRefCrossRefCrossRef

ISSN:1979-0058

AGRIBUSINESS JOURNAL CONTACT

Dr., Ir. Elpawati, M.P.

+62813-8466-6693
Chief Editor Agribusiness Journal
Department of Agribusiness Faculty Sains and Technology
State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten, Indonesia
Jl. Ir.H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang 15412
Tel : +62 877 8030 2523 (WhatsUp Text Only)
Email: agribusiness.journal@uinjkt.ac.id

 

 

View My Stats