STRATEGI BISNIS KOPI MEREK COFFESSO PT DAVID ROY INDONESIA

Authors

  • Cindya Rienaya Program Studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Mudatsir Najamuddin Program Studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Akhmad Mahbubi Program Studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/aj.v10i1.9215

Keywords:

strategi, kopi, IFE, EFE, SWOT, QSPM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi bisnis yang cocok untuk PT.David Roy Indonesia. Matriks IFE, EFE, SWOT, dan QSPM digunakan untukmenganalisis data. Hasil dari matriks IFE menunjukkan bahwa kekuatan utamaperusahaan adalah visi perusahaan dengan skor 0,486 dan kelemahan utamaadalah lokasi pabrik dengan skor 0.280. Selain itu, hasil dari matriks EFEmenunjukkan bahwa peluang utama adalah kebijakan pemerintah yang terkaitdengan ekspor biji kopi dengan skor 0,397, dan ancaman utama adalah kebijakanpemerintah yang berkaitan dengan impor kopi olahan dengan skor 0,266. AnalisisSWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi dan matriks QSP menunjukkanbahwa strategi diferensiasi mendapatkan prioritas tertinggi.

Downloads

Published

2021-01-25