ANALISIS NILAI TAMBAH PRODUK TURUNAN MADU PADA CV. MADU APIARI MUTIARA CIMANGGIS, DEPOK, JAWA BARAT

Authors

  • Fahmi Noval Amar Program Studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Eny Dwiningsih Program Studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Armaeni Dwi Humaerah Program Studi Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/aj.v10i1.9214

Keywords:

nilai tambah, marjin, madu, hayami, R/C

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menentukan rasio nilai tambah,produktivitas, dan margin distribusi yang dihasilkan dari setiap produk yangberasal dari madu, dan 2) untuk menentukan efisiensi produk turunan maduselama periode analisis dari tahun 2012 sampai 2013. penelitian ini dilakukan diCV. Madu Apiari Mutiara terletak di Depok, Jawa Barat. Metode Hayami, rasioproduktivitas dan rasio R / C yang digunakan untuk menganalisis data. Hasil darianalisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata tambah per produksi seluruhproduk Rp 20.892,90, - atau dengan rata-rata nilai tambah rasio 35,65%. Produkdengan produktivitas tertinggi adalah madu shampoo. Secara keseluruhan, nilai R/ C sebesar 1,90 menunjukkan efisiensi bisnis produk turunan madumenguntungkan dan layak untuk dikembangkan.

Downloads

Published

2021-01-25