STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBIBITAN KENTANG PADA PT. XYZ

Authors

  • Akhmad Mahbubi

DOI:

https://doi.org/10.15408/aj.v7i2.5178

Keywords:

Strategi, bibit kentang, analisis kelayakan investasi, IFE & EFE analisis, TOWS, QSPM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung kelayakan investasi penangkaran bibit kentang berdasarkan analisis finansial, Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perkembangan dan tingkat keberhasilan dalam industri bibit kentang serta memformulasikan strategi yang tepat dimasa yang akan datang dalam rangka pengembangan agribisnis pembibitan kentang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pengambilan contoh menggunakan metode purposive sampling. Metode pengolahan data meliputi analisis kelayakan investasi, Internal Factor Evaluation (IFE), Eksternal Factor Evaluation (EFE), matrik TOWS, dan untuk mendapatkan rekomendasi strategi prioritas digunakan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut (1) Pengembangan usaha pembibitan kentang PT XYZ sangat prospektif ditinjau dari kelayakan investasi. (2) PT XYZ dalam menghadapi  semua faktor strategis internal (kekuatan dan kelemahan) sudah sangat baik sehingga PT.XYZ bisa memanfaatkan sedemikian rupa guna untuk mengeleminir kelemahannya. Sedangkan matriks EFE dihasilkan total skor jauh diatas rata-rata. Kondisi ini menunjukan bahwa perusahaan PT. XYZ sudah mempunyai strategi yang baik dalam mengantisipasi ancaman eksternal yang ada. (3) Strategi terpilih yaitu Strategi Ekspansif. Strategi ini meliputi pengembangan produk (kapasitas dan jenis varietas), penetrasi pasar atau  pengembangan pasar bibit melalui kemitraan untuk memproduksi kentang konsumsi di area baru. Berdasarkan kesimpulan yang telah dibuat di atas dapat disarankan beberapa hal untuk dapat dipertimbangkan oleh manajemen PT. XYZ dalam pengembangan usaha pembibitan kentang, antara lain: perlu dibentuk tim kerja yang meliputi berbagai bagian seperti keuangan untuk mengatur anggaran, personalia, produksi, pemasaran untuk mengkaji teknis implementasi strategi pengembangan pasar dan masuk kedalam area baru.

 

Downloads

Published

2013-12-01