STRATEGI PEMASARAN BUAH DURIAN (Durio ziberthinus M) ASLI WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK

Tarwa Mustofa Mustofa

Abstract


Buah durian merupakan buah yang cukup terkenal banyak orang yang tergugah seleranya kalau mendengar nama buah durian. Buah yang berbau harum dan memiliki rasa yang khas ini sangat amat disenangi di kalangan masyarakat. Buah yang memiliki nama latin durio zibethinus. Ini banyak sekali mengandung vitamin B,C,E dan Zat Besi. Selain itu, daging buah durian juga mengandung banyak sekali zat gizi dan diataranya : Karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium ( Ca ), Fosfor ( P ), Asam Folat, Magnesium ( Mg ), Potasium atau kalsium ( K ). 

     Penilitian dilaksanakan selama 3 bulan. Lokasi penelitian di  Kecamatan Watulimo karena kecamatan tersebut merupakan penghasil duriaan terbesar  di Kabupaten Trenggalek dan mempunyai varietas`yang asli daerah setempat.  Jenis penelitian diskriptif (descriptif reseach),yaitu penelitian yang tidak menguji hipotesa (non hipotesa). Penelitian ini berusaha menyajikan secara jelas pokok-pokok persoalan yang diteliti yaitu memberikan suatu uraian yang deskriptif yang menggambarkan secara jelas, factual, sistematis dan cermat pokok-pokok persoalan yang dijumpai dan akibat-akibatnya, dan kemudian mencari jalan keluarnya bagi pemecahan masalah-masalah yang dijumpai. Sampel penelitian ini diambil secara purpuse sampling( untuk pemasar) dan Accidental sampling (untuk konsumen)Dalam penelitian ini diambil 30 responden sebagai sampel yang ditentukan jumlahnya secara Accidental sampling dan Purposive sampling  di wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek dengan jumlah 25 orang dari responden dari pihak pemasar.Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan sekunder.Analisa data yang digunakan adalah dengan alat analisa SWOT. Analisis ini merupakan identifikasi berbagai faktor secara sisitematis untuk merumuskan suatu strategi dengan dasar pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strenght)dan peluang (oppurtunities)namun secara bersamaan bisa meminimalkan kelemahan (weakneses)dan Ancaman (threats). Hasil penelitian berdasarkan analisis`SWOT, maka dapat disimpulkan bahwa pemasaran kayu sengon di CV Halmahera Group Kabupaten Trenggalek alternatif yang paling tepat yaitu dengan menggunakan strategi SO karena mempunyai nilai tertinggi yaitu sebesar 3,1. Strategi priortas yang diambil dalam pemasaran buah durian diantaranya : 1)Meningkatkan produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar,2) teknologi modern diterapkan dalam budidaya durian agar nilai ekonominya tinggi, 3) memperluas areal tanam durian, 4) dem farm atau dem area tanaman durian


Keywords


Durian , Analisa SWOT, Pemasaran

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v14i1.16318 Abstract - 0 Untitled - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

CrossRefCrossRefCrossRef

CrossRefCrossRefCrossRef

ISSN:1979-0058

AGRIBUSINESS JOURNAL CONTACT

Dr., Ir. Elpawati, M.P.

+62813-8466-6693
Chief Editor Agribusiness Journal
Department of Agribusiness Faculty Sains and Technology
State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten, Indonesia
Jl. Ir.H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang 15412
Tel : +62 877 8030 2523 (WhatsUp Text Only)
Email: agribusiness.journal@uinjkt.ac.id

 

 

View My Stats