FAKTOR MOTIVASIONAL NIAT PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN MELALUI GRABFOOD DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.15408/aj.v14i1.16309Keywords:
GrabFood, Perilaku Konsumen, Niat Pembelian, TAM, Modified TAMAbstract
Perkembangan teknologisaatini mendorong munculnya gaya hidup serba cepat, serba mudah, dan serba instan dalam semua aspek kehidupan termasuk mobilitas dan penyediaan kebutuhan dasar manusia. Untuk menjamin kebutuhan masyarakat tersebut, saat ini telah lahir perusahaan penyedia transportasi online salah satunya adalah Grab. GrabFood merupakan fitur yang terdapat dalam Grab yang sudah ada sejak tahun 2016. Munculnya GrabFood tidak langsung diterima oleh masyarakat, melainkan terdapat faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan dan penggunaan GrabFood. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM) dimana TAM bertujuan untuk menyelidiki cara suatu faktor eksternal memengaruhi sikap, niat, dan perilaku melalui tanggapan terhadap beberapa variabel yang digunakan dalam penelitian sebelumnya. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analitis. Penentuan lokasi sampel dilakukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengankuesioner secara onlinedan pencatatan. Metode penentuan responden adalah purposive samplingdengan jumlah responden sebanyak100 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresilinierberganda.Hasil penelitianinimenunjukkan bahwa faktor yang memotivasi niat pembelian makanan dan minuman melalui GrabFood di Indonesia adalah persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, persepsi hedonis, dan potongan harga, sedangkan faktor yang paling dominan berpengaruh adalah persepsi kemudahan.