Pengembangan Desain Pembelajaran Kewirausahaan di Perguruan Tinggi Berbasis OBE (Outcome Based Education) Dalam Rangka Meningkatkan Jiwa Entrepreneur Mahasiswa

Tri Harjawati, Dedek Kustiawati

Abstract


Penelitian ini tentang pengembangan desain perkuliahan kewirausahaan dengan pendekatan OBE dalam rangka menumbuhkan jiwa Entrepreneur mahasiswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Desain Perkuliahan Kewirausahaan Berbasis OBE (Outcome Best Education), bagaimana Implementasi dari penerapan Desain tersebut, dan bagaimana evaluasi dari penerapan desain tersebut dalam rangka meningkatkan Jiwa Entrepreneur Mahasiswa. Metode yang digunakan menggunakan Model ADDIE, dimana terdiri dari lima langkah yaitu analyze, design, deveop, implementation, dan evaluation. Populasinya Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan sampel penelitiannya Jurusan PGMI dan Jurusan Pendidikan Matematika. Teknik pengumpulan dan pengolahan data disesuaikan dengan tahapan dalam ADDIE yaitu studi literatur, studi lapangan, pengamatan dikelas, telaah ahli (judge expert), uji coba, angket terbuka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desain Perkuliahan Kewirausahaan Berbasis OBE yaitu Tahap awal analisys menganalisis Deskripsi Mata Kuliah, Capaian Pembelajaran Program Studi (CPPS), menganalisis karakteristik mahasiswa berkenaan dengan pengetahuan, sikap jiwa entrepeuner, dan keterampilan dalam Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPM) Kewirausahaan, menganalisis materi, mengembangkan dan menemukan pengalaman siswa yang berhubungan dengan materi. Tahap kedua merancang design, data yang diperoleh dimanifestasikan ke dalam rancangan bahan ajar. Tahap ke tiga melakukan Pengembangan, menyusun bahan materi kemudian dinilai kelayakan draft bahan ajarnya oleh JUDGE EXPERT. Tahap keempat mengimplementasikan pembelajaran selama 1 semester. Tahap kelima Evaluasi, dengan menggunakan angket terbuka. Implementasi desain pembelajarannya dilakukan dengan tahap persiapan meliputi penyusunan RPS, Persiapan Modul Ajar, Pelaksanaan Perkuliahan Kewirausahaan Berbasis OBE dengan mengikuti langkah-langkah sesuai dengan RPS, dan Evaluasi dengan melakukan UTS dengan Praktek pelaksanaan bisnis dalam berupa Pelatihan dan UAS dalam bentuk Praktek Bisnis di BAZAR. Dan Evaluasi, secara keseluruhan desain perkuliahan kewirausahaan berbasis OBE bisa meningkatkan jiwa entrepreneur mahasiswa, hal ini dibuktikan dari score angket terbuka sebesar 100% setuju dengan rincian menguasai materi sebesar 90,9%, metode mengajar yang digunakan sebesar 95,85%, Sumber belajar sebesar 70% dan teknik penggunaan evaluasi sebesar 93,4%.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v9i2.30104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.