MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA KONSEP ASAM BASA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Authors

  • R. Ahmad Zaky El Islami Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nahadi Nahadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anna Permanasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1299

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Kepercayaan Diri, Konsep Asam Basa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kepercayaan diri siswa.Penelitian ini dilakukan di SMAN 24 Kabupaten Tangerang pada bulan Januari-Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, subyek dalam penelitian ini terdiri dari 77 siswa, dibagi menjadi 2 kelompok: yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design.Instrumen yang digunakan adalah angket kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kepercayaan diri siswa untuk kelompok eksperimen (rata-rata N-Gain = 0,07) lebih rendah daripada kelompok kontrol (rata-rata N-Gain= 0,15). Setelah dilakukan uji Mann-Whitney (pada taraf signifikansi 95%) diperoleh nilai α sebesar  0,212> 0,05. Maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa pada konsep asam basa, tetapi tidak signifikan secara statistik.

Author Biographies

  • R. Ahmad Zaky El Islami, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
    Department of Chemistry Education
  • Nahadi Nahadi, Universitas Pendidikan Indonesia
    Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Anna Permanasari, Universitas Pendidikan Indonesia
    Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Downloads

Published

2019-02-15

Issue

Section

Artikel

How to Cite

MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA KONSEP ASAM BASA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. (2019). EDUSAINS, 7(1), 64-69. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1299