PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA

Authors

  • Diah Mulhayatiah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1096

Keywords:

Konstruktivisme, Pembelajaran Berbasis Proyek, Berfikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang diperoleh dari pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang dilakukan di kelas Fisika Dasar, dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel kelas eksperimen sebanyak 40 dan kelas kontrol sebanyak 56 sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu sampel dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis (uji-t) kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen, harga z untuk -4,43 dan kelas kontrol harga z = -5,29 dengan mempunyai peluang yaitu p = 0,0000 harga p lebih kecil dari α = 0,05 maka H0 ditolak dan hipotesis  diterima Ha. Dengan demikian terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis.

Downloads

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA. (2015). EDUSAINS, 6(1), 17-22. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1096