Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Saat Home Learning terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV MI Al-Mursyidiyyah

Linda Malika, Takiddin Takiddin

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan kedisiplin saat Home Learning terhadap hasil belajar IPS kelas IV MI Al-Mursyidiyyah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Pemilihan sampel menggunakan teknik Probability Sampling jenis simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda. Hasil analisis diperolah harga koefisien korelasi (Ry(1,2)) sebesar 0,306, koefisien korelasi tersebut bernilai positif maka terdapat pengaruh positif variabel motivasi belajar dan kedisiplinan saat Home Learning terhadap hasil belajar IPS. Nilai koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,093 atau 9,3% yang berarti bahwa motivasi belajar dan kedisiplinan saat Home Learning mampu menjelaskan 9,3% perubahan hasil belajar.

 


Keywords


Motivasi Belajar; Kedisiplinan Saat Home Learning; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Syafi’i, dkk. Juli 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2.

Aslanidou Eftychiai. 2019. Home Learning Activities And Children’s Learning Outcomes: A Review Of Recent Evidence, European Journal Of Education Studies, Vol. 6 No. 1.

Deni, Anggih. 2015. Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Yogyakarta.

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Natalia Ridwan, dkk. 2018. Home Learning: Belajar Seru Tanpa Batas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

__ . 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soedijarto. 1993. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Sumadi Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf. 2003. Motovasi Dalam Belajar. Jakarta: P2IPTK.

Zuhaira, L.K,& Subkhan. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar Tehadap Prestas Belajar Siswa.Kelas XI IPS SMK N 3 Pati Economic Education Analysis Journal

Rindo‟ah, & Dheasey, A. 2018. Influence Of Learning Discripline, Methods Of Teaching Teachers And School Facilities On Improving Student Achievement SMK Negeri 1 Pringapus. Semarang. Diakses pada 28 November 2018, pukul 18.14 WIB.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarata: PT Raja Grafindo Persada. Ryan, P, & Ade, R. 2018. Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Tehadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal.

Sardiman A.M. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By: