PROFESIONALISME GURU DI MA DAN SMA: SEBUAH PANDANGAN

Rian Vebrianto, Alaniyah Syafaren, Riki Apriyandi Putera

Abstract


Guru dalam konteks pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis. Seorang guru dituntut untuk dapat menjadi guru yang profesional. Guru yang profesional dihargai oleh negara dengan memberikan sertifikasi dan diberikan tunjangan yang memadai. Untuk itu dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui secara mendalam bagaimana menjadi guru profesional. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode in depth interview dengan dua orang guru pada tingkatan yang sama yaitu satu di sekolah mengah atas dan satu di madrasah Aliyah. Diharapkan dengan pertanyaan yang mendalam mendapatkan hasil yang sesuai dengan objektif penelitian ini. Dari hasil wawancara diketahui seorang guru harus memiliki keahlian yang baik dalam menyusun perangkat pembelajaran dan mengimplementasikan kedalam proses pembelajaran. Sebelum guru dianggap menjadi guru profesional seorang guru minimal harus mengumpulkan portopolio dirinya atau dengan melakukan pelatihan PLPG untuk kemudian diuji kembali kemampuannya apakah sudah sesuai standrd guru profesional. Dengan adanya program program yang ditawarkan pemerintah maka diharapkan semakin banyak guru guru di Indonesia yang cepat dan pantas untuk menyandang sebutan “Guru Profesional”


Keywords


Guru Profesional, Sertifikasi Guru, Biologi, SMA/MA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ EDUSAINS.  P-ISSN: 1979-7281; E-ISSN: 2443-1281

This is an open access article under CC-BY-SA license

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Indexed by: