THE INFLUENCE OF THE ILL-STRUCTURED PROBLEM BASED LEARNING MODEL ON STUDENTS' SCIENCE LITERACY ABILITY IN ENVIRONMENTAL CHANGE CONCEPT

Dewi Nurhilyah, Zulfiani Zulfiani, Laila Mahmudah, Yuke Mardiati

Abstract


Salah satu kemampuan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa adalah kemampuan literasi sains, kemampuan ini memungkinkan seseorang mempersiapkan diri mengikuti perkembangan teknologi. Namun penilaian di sekolah biasanya tidak berfokus pada kemampuan menghubungkan konsep sains dengan kehidupan sehari-hari, khususnya keterampilan literasi sains. Salah satu cara untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan literasi sains adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik seperti model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah tipe tidak terstruktur terhadap kemampuan literasi sains siswa pada konsep perubahan lingkungan. Penelitian akan dilakukan di MAN 1 Pandeglang pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Simple random sampling adalah metode yang digunakan untuk pengambilan sampel. Terdapat dua kelas yang menjadi sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data pada kedua kelas menggunakan uji independensi sampel t-test dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,004. Nilai tersebut berada di bawah taraf signifikansi α = 0,05 yang menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah tipe ill-structured memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa pada konsep perubahan lingkungan.


Keywords


problem based learning; ill-structured problem; science literacy; environmental change; problem solving

Full Text:

PDF

References


Aradia, Fenty, Fani, Ramadhani Eka Fitri, dan Helendra. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi SMA. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science. Vol. 4 No. 1

Ardianti, Resti, Eko Sujarwanto, dan Endang Surahman. (2022). Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana. Jurnal Diffraction, Vol. 3, No. 1.

Azizi, Asrorul. (2019). Implementasi Problem Based Learning (Pbl) Dengan Bermain Peran (Bp) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Mandala, Vol. 4, No. 5.

Camperos J.A Gomez, Haidee Y Jaramillo, dan Sir A.S Castrillon. (2022). Experiental Learning Model And Problem Based Learning On Laboratory Practices Applied To The Subject Of Fundamentals Of Control And Automation At The Universidad Francisco De Paula Santander Ocaña. Journal of Languange and Linguistic Studies. Vol. 18, No. 4.

Junaidi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Socius. Vol. 9, No. 1. 25.

Lendeon, Greydio Raidel dan Cosmas Poluakan. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Science Learning Journal. Vol. 3, No. 1.

Nofianti, Lisfa. (2016). Pengaruh Model Ill-Scructured Problem Solving dan Kemampuan Awal Matematika Terhadap kemampuan berpikir Reflektif Matematis. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurhayati, I Made Hermanto, Lukman Samatowa dan Asih Nurbaiti Gimnastiar. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan LIterasi Sains Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Normalita. Vol. 11

OECD. (2017). How Does PISA for Development Measure Scientific Literacy.Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Rahmasari, Indri Aninda, dan Susanah. (2022). The Effect of Giving Ill-Structured Math Problem and Well-Structured Math Problem on the Self-Efficacy of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK). Vol. 5, No. 1.

Septiana, Ni Nyoman Ayu, Frieda Nurlita, dan I Wayan Redhana. (2017). Komparasi Penggunaan Model Problem Solving dan Reasoning Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Wahana Matematika dan Sains. Vol. 11, No. 1.

Supeno, Sri Handono Budi Prastowo, dan Marlina Puji Rahayu. (2020). Karakteristik Kemampuan Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Well Dan Ill Structured Problems Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. Vol. 6, No. 1.

Supriwardi, Lenti, Zulyusri, dan Lufri. (2021). Meta-Analisis : Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Bioilmi: Jurnal Pendidikan. Vol. 7, No. 2.

Sutrisna, Nana. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 12.

Tawfik, Andrew A., Woei Hung, dan Philippe J. Giabbanelli. (2020). Comparing How Different Inquiry-Based Approaches Impact Learning Outcomes. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. Vol. 14, No. 1.

Trisnayanti, Wayan Ririn. (2017). Efektifitas Implementasi Aktivitas Mengkomunikasikan Berbasis Kepala Bernomor Dalam Meningkatkan Dimensi Proses Kognitif. International Journal of Elementary Education. Vol. 1, No. 3




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v16i1.39444 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewi Nurhilyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats

 

Â