Implementation of Mentoring Programs in Order to Building Islamic Character: Case Study of Sriwijaya University Students
Abstract
Keywords
References
Abdullah, H. (2011). Karakteristik pendidikan islam: sebuah pengantar terhadap pendidikan islam. https://docplayer.info/30178130-Karakteristik-pendidikan-islam-sebuah-pengantar-terhadappendidikan-islam.html
Alhamdu. (2014). Karakter utama perawat sebagai pelayan kesehatan yang multikultural. http://www.academia.edu./15212055/karakter_utama_perawat_sebagai_pelayanan_kesehatan_yang_multikultural
Alwisol. (2016). Psikologi kepribadian. UMM Pers.
Anas., & Irwanto. (2013). Pendidikan karakter (pendidikan berbasis agama dan budaya bangsa). Pustaka Setia.
Al-Jazairi, S. A. B. (2003). Mengenal etika dan akhlak islam. Lentera Jakarta.
BKKBN. (2010). Buku panduan praktis pelayanan kontrasepsi. PT. Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Ensher, E. A., & Murphy, S. E. (2011). The mentoring relationship challenges scale: The impact of mentoring stage, type, and gender. Journal of Vocational Behavior, 79, 253-266.
Gurino, P. (2013). Pelaksanaan program mentoring dalam membentuk karakter siswa sman 5 Yogjakarta. [Tesis]. Universitas Mathla’ul Anwar.
Hafifuddin. (2016). Pembentukan islam dalam bingkai pelaksanaan syari’at islam di Aceh, Jurnal Pencerahan Intelektual Muslim, 15(I), 71-78.
Hawwa, S. (2014). Membina angkatan mujahid (fi afaqi at-ta’ali). Adicitra Intermedia.
Herdiansyah, H. (2015). Metodelogi penelitian untuk ilmu psikologi. Salemba Humanika.
Hermansyah. (2015). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai islami. Jurnal Ilmiah Kreaktif, 12(1), 1-19.
Hidayat, A. (2013). Efektivitas program mentoring halaqoh dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa. Jurnal Etika dan Pekerti, 1(1), 20-35.
Huda, H. (2019). Membangun karakter islami melalui al-islam dan kemuhammadiyahan. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 55-70.
Huizing, R. L. (2012). Mentoring together: A literature review of group mentoring. Mentoring & Tutoring: Partnership in Learning, 20(1), 27–55.
Jalaludin. (2016). Psikologi agama. PT. Raja grafindo persada.
Jalaluddin. (2005). Sistem nilai dan pembentukannya dalam pespektif pendidikan islam. Jurnal Studi Islam “Medina-Te”,1(1).
Kram, K. E. (1985). Mentoring at work. Foresman.
Kaswan. (2013). Leadership and teamworking. Alfaebeta.
Kaswan. (2012). Coaching and mentoring untuk pengembangan sdm dan peningkatan kinerja organisasi. Alfaebeta.
Langgulung, H. (1979). Pendidikan islam suatu analisis sosio psikologikal. Pustaka Antara.
Langgulung, H. (1985). Pendidikan dan peradaban islam: suatu analisis sosio-psikologi. Pustaka Al-Husna
Majid, A., & Dian, A. (2011). Pendidikan karakter persefektif Islam. PT Remaja Rosdakarya
Maxwell, J. C. (2014). Mentoring. Mic Publishing
Moleong, L. J. (2013). Metedologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. (2015). Penelitian terapan. Gadjah Mada University Press.
Nizar, S., & Ramayulis. (2009). Filsafat pendidikan islam, telaah sistem pendidikan dan pemikiran para tokohnya. Kalam Mulia.
Radianto, W. ED., & Wijaya, A. Y. (2016). Mentoring dan coaching sebagai strategi pengembangan pendidikan kewirausahaan: Studi Fenomenologi, Jurnal Aplikasi Managemen (JAM), 14(4), 675-682.
Ragins, B., & Kram, K. (2007). The Handbook of Mentoring at Work: Theory, Research and Practice. SAGE.
Ruswandi, M., & Rama, A. (2010). Manajemen mentoring. Ilham Publishing.
Satuasa, T. (2016). Buku pintar mentoring. Yayasan Tunas Bangsa Indonesia.
Shenkman, M. (2010). Leader Mentoring. Penerbit PPM.
Tatang, R. (2017). Implementasi kegiatan mentoring keagaamaan dalam pembinaan karakter Islami. Atthulab Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(1).
Tenembaum, H. R., Crosby, F. J., & Gliner, M. D. (2001). Mentoring relationships in graduate school. Journal of Vocational Behavior, 59, 326–34.
Uyun, M. (2019). Kepribadian pendidik: Telaah psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami 5 (1).
Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter. Kharisma Putra
DOI: 10.15408/tazkiya.v10i1.19753
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.