Pengaruh dukungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap penyesuaian diri santri
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dukungan teman sebaya dan
motivasi belajar terhadap penyesuaian diri santri. Sampel dalam penelitian ini
adalah santri kelas 1. Extention Pondok Pesantren Daar el Qolam sebanyak 204
orang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Analisis data
yang digunakan adalah Multiple Regression Analysis pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dukungan
teman sebaya dan motivasi belajar terhadap penyesuaian diri santri. Proporsi
varians dari subjective well-being yang dijelaskan oleh semua independent variable
adalah sebesar 10,1%, sedangkan 89,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain
diluar penelitian ini. Hasil uji hipotesis minor menunjukkan bahwa Dimensi
amotivation pada motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
penyesuaian diri. Sementara itu dimensi dukungan teman sebaya: emotional
attachment, social integration, reassurance of worth, reliable alliance, guidance,
opportunity for nurturance, dan tipe motivasi belajar: intrinsic motivation dan
extrinsic motivation tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penyesuaian
diri santri.
motivasi belajar terhadap penyesuaian diri santri. Sampel dalam penelitian ini
adalah santri kelas 1. Extention Pondok Pesantren Daar el Qolam sebanyak 204
orang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Analisis data
yang digunakan adalah Multiple Regression Analysis pada taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dukungan
teman sebaya dan motivasi belajar terhadap penyesuaian diri santri. Proporsi
varians dari subjective well-being yang dijelaskan oleh semua independent variable
adalah sebesar 10,1%, sedangkan 89,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain
diluar penelitian ini. Hasil uji hipotesis minor menunjukkan bahwa Dimensi
amotivation pada motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
penyesuaian diri. Sementara itu dimensi dukungan teman sebaya: emotional
attachment, social integration, reassurance of worth, reliable alliance, guidance,
opportunity for nurturance, dan tipe motivasi belajar: intrinsic motivation dan
extrinsic motivation tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penyesuaian
diri santri.
Keywords
dukungan teman sebaya, motivasi belajar, penyesuaian diri santri
DOI: 10.15408/tazkiya.v4i2.10837
Refbacks
- There are currently no refbacks.