penalaran moral siswa berinteligensi tinggi ditinjau dari gaya pengasuhan orang tua
Abstract
(a) menghindari stereotip peran jenis kelamin; (b) memberi dorongan bagi anak beringeligensi tinggi untuk independent dan berani mengambil resiko; (c) membimbing mereka dalam perilaku problem solving dan strategi pengambilan keputusan moral. Sedangkan bagi orang tua, hendaknya menghindarkan pola pengasuhan atau tuntutan (harapan) yang berbeda bagi anak laki-laki dan perempuan dan membantu mereka menetapkan batasan-batasan dalam membuat keputusan moral secara tepat sehingga terhindar dari masalah penyesuaian sosial.
Keywords
References
Archer, J. 1996. Sex Differences in Social Behavior : are the social role and evolutionary explanations compatible?. American Psychological Association, Vol. 51, (9), 909-917
Bee, H. 1997. The Developing Child. New York: Harper & Row Publisher.
Berndt, Thomas J. 1992. Child Develop ment. Florida : Rinehart & Winston Inc
Berns, R.B. 2004. Child, Family, School and Community : socialization and
support. Belmont : Thomson Learning Inc.
Bjourklund. 2005. Children‘s Thinking : cognitive development and
individual differences. New York : Jhon Willey and Son Inc
David C. R., Nestor L. Lopez. 2004. Parental Discipline and Externalizing Behavior Problems in Childhood : the Roles of Moral Regulation and Child Gender. Journal of Abnormal Child Psychology, Vol. 32, (4) : 369–383
Deleeuw, N. S. 2002. Gifted Preschoolers : Parent and Teacher View on Identification, Early Admission and Programming. Rooper Review , 21 (3) : 174-179
Derscheid, L.E. 1997. Mixed-age Grouped Preschoolers‘ Moral Behavior and Understanding. Journal of Research in Childhood Education, (11) : 147- 151 Kohlberg, L. 1981. The Philosophy of Moral Development, Moral Stages, and Idea of Justice. San Francisco : Harper & Row Publisher
Oemardi, K.A. 2004. Pendekatan Cognitive Behavior dalam Psikoterapi.
Jakarta: Kreatif Media.
Sears, David O., Freedman, Jonathan L. 1994. Psikologi Sosial. Jilid 2. Alih bahasa : Michael Adriyanto, Jakarta : Erlangga
Walker, L. J. & Hennic, K. H. 1999. Parenting Style and the Development of Moral Reasoning. Journal of moral education, 28 (3), 360-374 Widyorini, Endang. Perempuan Berbakat Dalam Budaya Jawa. Tesis.
(tidak diterbitkan). Yogyakarta : Universitas Gajah Mada Widyastono, 2005. Sistem Percepatan Kelas (Akselerasi) bagi Siswa yang
Memiliki Kemampuan dan Kecerdasan Luar Biasa. www.pdk.go.id/balitbang/Publikasi/Jurnal/No_026 /.htm
DOI: 10.15408/tazkiya.v2i2.10778
Refbacks
- There are currently no refbacks.