Kecerdasan emosi, religiusitas dan kepuasan pernikahan pada wanita muslim yang menikah muda.

Fina Mokoginta

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi dan religiusitas terhadap kepuasan pernikahan pada wanita muslim yang menikah muda. Sampel dalam penelitian ini adalah 210 wanita muslim yang menikah di usia 18-21 tahun dengan lama usia pernikahan 5-10 tahun, tinggal di daerah Jakarta dan Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner untuk mengukur kecerdasan emosi dengan Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Short Form, mengukur religiusitas dengan Religious Commitment Inventory-10, dan untuk mengukur kepuasan pernikanan menggunakan ENRICH Marital Satisfaction. Analisis data yang digunakan adalah analisa regresi berganda pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosi dan religiusitas terhadap kepuasan pernikahan. Proporsi varians dari kepuasan pernikahan yang dijelaskan oleh faktor kecerdasan emosi dan religiustas adalah sebesar 55%..Begitu juga dengan usia pernikahan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pernikahan.

Keywords


kepuasan pernikahan, kecerdasan emosi, religiusitas

References


Adhim, M.F. (2002). Indahnya pernikahan dini. Jakarta: Gema Insani. Adiyo, R. (2010). Beberapa faktor psikologis yang memengaruhi prestasi belajar

mahasiswa di bidang statistik 1&2. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi tidak diterbitkan.

Al Farisi, M.Z. (2008). When i love you: menuju sukses hubungan suami istri.

Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Iraqi, B.A. (2006). Rahasia pernikahan bahagia. (terj. Muflih Kamil).

Jakarta: Griya Ilmu.

Andisti, M.A., & Ritandiyono. (2008). Religiusitas dan perilaku seks bebas pada dewasa awal. Jurnal psikologi, Vol.2, No.1, 170-176.

Ardhianita, I., & Andayani, B. (2005). Kepuasan pernikahan ditinjau dari berpacaran dan tidak berpacaran. Jurnal psikologi, Vo.2, No. 32, 101-111.

Badan Pusat Statistik. (2010a). Statistik pemuda indonesia 2010. Jakarta: CV.

Petratama Persada.

Badan Pusat Statistik. (2010b). Statistik pemuda provinsi DKI Jakarta. Jakarta:

CV. Petratama Persada.

Badan Pusat Statistik. (2010c). Statistik pemuda provinsi Jawa Barat. Jakarta:

CV. Petratama Persada.

Bird, G., & Melville, K. (1994). Families and intimate relationships. United States: McGraw-Hill.

Clarrochi, J., Forgas, J. P., & Mayer, J. D. (2001). Emotional intelligence in everyday life a scientific inquiry. United States of America: Psychology Press.

Fowers B. J., & Olson D. H. (1993). ENRICH marital satisfaction scale: a brief research and clinical tool. Journal of family psychology, Vol. 2, No.7, 176-185.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v2i1.10761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.