Peningkatan Psikologi Belajar Bahasa Inggris Melalui Materi Bacaan Otentik
Abstract
untuk mendapatkan informasi untuk menguji apakah kemampuan siswa dalam psikologi belajar bahasa Inggris benar-benar bisa ditingkatkan melalui penggunaan bahan bacaan otentik sebagai bahan belajar dan memberikan tugas kepada siswa dalam proses pembelajaran. Action research merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada proses dan hasil. Peneliti yang juga merupakan seorang guru secara langsung membuat perencanaan dan melaksanakan penelitian dengan tujuan yang jelas, yakni menemukan pendekatan belejar yang lebih efektif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua seri, masing- masing seri melibatkan empat sesi kelas dan empat tugas belajar mandiri yang mengukur planning, action, observation dan reflection and evaluation test. Secara keseluruhan, penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yakni pada 7 Maret sampai dengan 9 Mei
2012. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh tim peneliti, dan berdasarkan pada impresi siswa terhadap subjek pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa strategi penggunaan bahan bacaan otentik dapat diimplementasikan sebagai pendakatan belajar yang efektif. Perbandingan rata-rata nilai awal dan nilai akhir menunjukkan adanya peningkatan kemampuan dalam pemahaman bacaan. Perbandingan nilai rata-rata keduanya adalah sebesar 41.7 dan 83.2. Dengan membandingkan nilai berdasarkan tipe kemampuan linguistik, tampak adanya peningkatan yang signifikan pada setiap jenis uji kemampuan bahasa. Perubahan dalam arena non-linguistik terutama pada aspek motivasi dan rasa percaya diri.
Keywords
References
Kemmis S and R. Mc. Taggart. (1990). The Action Research Planner.
Geelong: Deakin University
Lewis Michael and Jimmie Hill. (1985). Practical Teachniques for
Language Teaching. Great Britain.
Muhibbi Syah, M.Ed. (1998). Psikologi Belajar. Jakarta : LOGOS Cahaya
Ilmu
Oemar, Hamalik. (2000). Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Sinar Baru
Algensindo
Paul, Suparno. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius
Simnajuntak, B dan Pasaribu IL. (1981). Psikologi Perkembangan. Bandung:
Tarsito
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suryabrata, Sumadi. (1987). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
The Holy Qur‘an. (1410 Hijriah). English translatien of the meaning and comanatry. Madina: IFTA, Call and Guidance, King Fahd Hay Qur‘a Printing Complex
DOI: 10.15408/tazkiya.v1i2.10689
Refbacks
- There are currently no refbacks.