Peningkatan Psikologi Belajar Bahasa Inggris Melalui Materi Bacaan Otentik

Nurul Handayani

Abstract


Penelitian dilakukan dalam bentuk action research (penelitian tindakan) dengan fokus tujuan
untuk mendapatkan informasi untuk menguji apakah kemampuan siswa dalam psikologi belajar bahasa Inggris benar-benar bisa ditingkatkan melalui penggunaan bahan bacaan otentik sebagai bahan belajar dan memberikan tugas kepada siswa dalam proses pembelajaran. Action research merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada proses dan hasil. Peneliti yang juga merupakan seorang guru secara langsung membuat perencanaan dan melaksanakan penelitian dengan tujuan yang jelas, yakni menemukan pendekatan belejar yang lebih efektif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua seri, masing- masing seri melibatkan empat sesi kelas dan empat tugas belajar mandiri yang mengukur planning, action, observation dan reflection and evaluation test. Secara keseluruhan, penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yakni pada 7 Maret sampai dengan 9 Mei
2012. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh tim peneliti, dan berdasarkan pada impresi siswa terhadap subjek pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa strategi penggunaan bahan bacaan otentik dapat diimplementasikan sebagai pendakatan belajar yang efektif. Perbandingan rata-rata nilai awal dan nilai akhir menunjukkan adanya peningkatan kemampuan dalam pemahaman bacaan. Perbandingan nilai rata-rata keduanya adalah sebesar 41.7 dan 83.2. Dengan membandingkan nilai berdasarkan tipe kemampuan linguistik, tampak adanya peningkatan yang signifikan pada setiap jenis uji kemampuan bahasa. Perubahan dalam arena non-linguistik terutama pada aspek motivasi dan rasa percaya diri.

Keywords


psikologi belajar, materi otentik, hasil pembelajaran

References


Kemmis S and R. Mc. Taggart. (1990). The Action Research Planner.

Geelong: Deakin University

Lewis Michael and Jimmie Hill. (1985). Practical Teachniques for

Language Teaching. Great Britain.

Muhibbi Syah, M.Ed. (1998). Psikologi Belajar. Jakarta : LOGOS Cahaya

Ilmu

Oemar, Hamalik. (2000). Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Sinar Baru

Algensindo

Paul, Suparno. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Simnajuntak, B dan Pasaribu IL. (1981). Psikologi Perkembangan. Bandung:

Tarsito

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suryabrata, Sumadi. (1987). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

The Holy Qur‘an. (1410 Hijriah). English translatien of the meaning and comanatry. Madina: IFTA, Call and Guidance, King Fahd Hay Qur‘a Printing Complex


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v1i2.10689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.