PROFILE OF CREATIVE EARLY CHILDHOOD EDUCATION AND DEVELOPMENT (ECED) TEACHERS OF THE 21 CENTURY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfina, A. (2016). GURU HUMANIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(3), 58–66.
Ambarita, J., & Purnamasari, I. (2020). kreativitas guru PAUD dalam pembuatan media pembelajaran berbasis game edukasi dari bahan alam dan limbah. DIDAXEI, 1(1).
Baharun, H., Zamroni, A., & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395.
Chatib, M. (2009). Sekolahnya manusia: sekolah berbasis multiple intelligences di Indonesia. Kaifa.
Creswell, J. W. (2016). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 5.
Cropley, A. J. (1997). Fostering creativity in the classroom: General principles. The Creativity Research Handbook, 1(84.114), 1–46.
Dalyono, B., & Agustina, D. A. (2016). Guru profesional sebagai faktor penentu pendidikan bermutu. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 2(2, Oktober).
Danim, S. (2002). Menjadi peneliti kualitatif. Bandung: pustaka setia.
De Porter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum learning. PT Mizan Publika.
Djamarah, S. (2005). B. 2002. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Erdiyanti, E., & Syukri, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Non PG-PAUD Melalui Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Di Kecamatan Konda. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 68–79.
Hanum, N. A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Pengembangan Kualitas Guru: Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 38–50.
Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1–21.
Kanan, S. A. M. W. (2021). Guru Kreatif dalam Mengembangkan Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini di TK Pamardi Siwi Depok Sleman.
Kurnianto, R. (2019). Mewujudkan pembelajaran efektif dan menyenangkan melalui orkestrasi modalitas dan figur guru. Seminar Nasional Pendidikan 2015, 623–630.
Lase, F. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(1).
Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123.
Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1112–1119.
Naim, N. (2016). Menjadi guru inspiratif: memberdayakan dan mengubah jalan hidup siswa.
Natalina, D., & Gandana, G. (2017). Komunikasi dalam PAUD. Tasikmalaya, Indonesia: Ksatria Siliwangi.
Nur‘Aini, A., & Adhitama, E. (2015). Restrukturisasi Pendidikan Guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebagai Strategi Mencetak Guru berkualitas Siap Asean Economic Community (AEC).
Nursisto, D. (2000). Ikhtisar Kesusastraan Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Sani, B. (2017). Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Sari, D. (2016). Hubungan Motivasi Mengajar Guru Dengan Kreativitas Guru pada Guru yang Telah Memiliki Sertifikat Pendidik Paud Se-Kota Pekanbaru. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 5(2), 89–97.
Seftiarani, R., & Sofia, A. (2018). Kreativitas Guru dan Kompetensi Pedagogik di PAUD Kecamatan Penengahan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).
Setiawan, M. H. Y. (2018). Kreativitas Pendidik Dalam Pengelolaan Kegiatan Pada Pembelajaran Saintifik Pada Implementasi Kurikulum PAUD 2013. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 3(2), 118–126.
Sonia, T. N. (2019). Menjadi Guru Abad 21: Jawaban Tantangan Pembelajaran Revolusi Industri 4.0.
Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.
Susilo, A. A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79–93.
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99–113.
Utomo, S. S. (2019). Guru di era revolusi industri 4.0. Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 1(1), 70–83.
Yin, R. K. (2011). Applications of case study research. Sage.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.
DOI: https://doi.org/10.15408/jece.v3i2.20283 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
© Copyright CC-BY-SA JECE, p-ISSN: 2686-2492 e-ISSN: 2715-8918 |