PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR PPKN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Az Zahra, F., & Erianjoni, E. (2022). Pengembangan LKPD Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 1 Suliki. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 84–92.
Cahya, S. R., & Harmanto. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Balong, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 06(2006), 291–305.
Cahyarani, D. R., & Tirtoni, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran RADEC dalam Membentuk Karakter Bernalar Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Wonomlati. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2795–2809.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3), 234-241.
Erlin Listiorini, Maria Montessori, Junaidi Indrawati, E. (2022). Listorioni, L., Maria, M., & Junaidi, I. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berpendekatan Saintifik Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dalam Mata Pelajaran PPKn Di SMPN 7 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 184–197.
Fujanti, F., Fauzan., & Arifin, F. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Materi FPB dan KPK di Sekolah Dasar. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 112–124.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41.
Kartini, D., & Dewi, D. (2020). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 3(1), 1.
Kristanto, E. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep PKn pada Materi Keputusan Bersama dengan Strategi Pembelajaran Debat Aktif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 2(1), 350–356.
Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22.
Meilawati, D. F. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111.
Nisa, K., Fauzan, F., & Arifin, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas IV dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 38-49.
Novanto, Y. S., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 205.
Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 109–115.
Salsabila Iwanda, C., Malika, H. N., & Aqshadigrama, M. (2022). RADEC sebagai Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 430–440.
Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran RADEC. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 130.
Siregar, H. L., Siregar, Y. P., & Hakim, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Mathematic Education Journal, 3(3), 42–49.
Sopandi, W., Sujana, A., Sukardi, R. R., Satinah, C., Yanuar, Y., Imran, M. E., et al. (2021). Model Pembelajaran RADEC Teori dan Implementasinya di Sekolah. Bandung: UPI Penerbitan dan Percetakan.
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v4i1.41199 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: