Pengaruh Penggunaan QUIZIZZ Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Sekolah Dasar

Ade Irma Febriyanty, Tri Suryaningsih, Zikri Neni Iska

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan  Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas 6 SDN Semanan 08 Pagi Jakarta Barat pembelajaran matematika jarak jauh 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental (One Group Pretest-Posttest), dengan sampel 23 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket Motivasi Belajar dan soal Pretest-Posttest berupa pilihan ganda menggunakan Quizizz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) terdapat pengaruh antara penggunaan  Quizizz terhadap motivasi belajar matematika peserta didik SDN Semanan 08 Pagi Jakarta Barat, dengan hasil Uji Wilcoxon sebesar   2.336  > 1.96, dan nilai P-Value (0.019)  <  (0.05) dimana Ha diterima dan Ho ditolak. b) tidak terdapat pengaruh antara penggunaan  Quizizz terhadap hasil belajar matematika peserta didik SDN Semanan 08 Pagi Jakarta Barat, dengan hasil Uji Wilcoxon sebesar sebesar  0.890 (  (lebih kecil)  sebesar 1.96, dan nilai P-Value sebesar (0.373) lebih besar  . Sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.


Keywords


Quizizz; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Jarak Jauh

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Rendra Handy. (2020). Efekivitas BION (Bintang Online) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid 19 di Kelas V SDN 1 Ngembel. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol.6. No.1.

Putri, Wahyu Andhika dkk. (2020). Penggunaan Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 pada SDN 1 Serayu Larangan. ABDIPRAJA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1. No.1.

Razali, N. dkk. Gamification Elements in Quizizz Applications: Evaluating the Impact on Intrinsic and Extrinsic Student’s Motivation. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 917,01202 IOP Publishingdoi:10.1088/1757-899X/917/1/012024. 2020.

Sardiman. (2004). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada, cet.21.

Solikah, Halimatus. (2020). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Interaktif Quizizz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Persuasif Kelas Viii Di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa UNESA. Vol.7. No.3.

Wahyuningsih, Endang Sri. (2012). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hsil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Lestari, Endang Titiki. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi, Rinja dan Delita Gustriani. (2020). Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara.

Husamah dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang : UMM Press.

Prastinyo, Fendika.(2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Koopratif Jigsaw Pada Materi Di Kelas V SDN Sepanjang 2. Surakarta: CV. Kekata Grup.

Ramdhani, Rahmi dkk. (2020). Platform Pembelajaran Daring: Teori dan Praktik. Yayaysan Kita Menulis.

Suhartatik, Tony. (2020). BEST PRACTICE Implikasi Quizizz Berbasis Android Terhadap Kualitas Pembelajaran dalam Mencetak Siswa Berprestasi Di Tingkat Nasional. Ahli Book.

Lusiana. (2020). Penggunaan Aplikasi Online Quizizz Dalam Menganalisis Hasil Tes Kognitif Siswa Pada Materi Energi. SPEJ (Science and Phsics Education Journal. Volume 4. Nomor 1.

Siyoto, Sandu dkk. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Medai Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Unaradjan, Dominikus Dolet. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Garfindo.

Qomusuddin, Ivan Fanani. (2019). Statistik Pendidikan (Lengkap dengan Aplikasi IBM SPSS Statistik 20.0). Yogyakarta: Deepublish.

Payadnya, I Putu Ade Andre dkk. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Sleman: Deepublish.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Sleman: Deepublish.

Ofianto dkk. (2021). Assesmen Keterampilan Berpikir Historis (Historical Thinking). Pamekasan: Duta Publishing.

Setyawan, Febri Endra Budi. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Siduarjo: Zifatama Jawara.

Santoso, Singgih. (2006). SSBBTI : SPSS Statistik Non-Parametrik+CD. Jkarata: PT. Alex Kompiutindo.

Abidin Zinal dkk. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal. Vo.4. No.1.

Heliandry, Luih Devi dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan.Vol.22. No. 1.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol.7. No.4.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.23811 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch