Analisis Implementasi Model Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model
pembelajaran jarak jauh pada MIS Al Hidayah Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Penelitian
ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di
MIS Al Hidayah, diketahui bahwa implementasi model pembelajaran jarak jauh dengan
memanfaatkan beberapa jenis aplikasi, seperti whatsapp, e-learning madarasah, zoom, dan
video editing aplikasi, yaitu InShot dan Kine Master untuk membuat video pembelajaran.
Faktor pendukung implementasi model pembelajaran jarak jauh pada MIS Al
Hidayah antara lain adalah dukungan terhadap sekolah para guru dalam bentuk
penyediaan jaringan internet (wifi), dan bantuan Pemerintah kepada siswa dalam bentuk
pembagian kuota internet. Sementara di antara faktor-faktor penghambatnya adalah: (1)
kurangnya pendampingan orang tua terhadap peserta didik, karena kesibukan
bekerja, (2) tidak semua siswa memiliki anggaran untuk mengikuti proses pembelajaran jarak
jauh, dan (3) materi audio-visual (video). pembelajaran) yang diketengahkan kepada siswa
kurang menarik, sehingga berdampak pada menurunnya motivasi dan antusiasme siswa
dalam mengikuti proses pembelajaran jarak jauh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, D. Pendidikan Teknologi
Informasi dan Komunikasi.
Bandung: Remaja Rosdakarya,
Effendi, Empy; dan Hartono Zhuang.
E-learning: Konsep dan Aplikasi.
Yogyakarta: Penerbit Andi,
Nurdin, Syafrudin; dan Basyiruddin
Usman. Guru Profesional dan
Implementasi Kurikulum.
Jakarta: Ciputat Press, 2003.
Saefuddin, Aziz; dan Ika Berdiati.
Pembelajaran Efektif. Bandung:
Remaja Rosdakarya, 2014.
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.22313 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: