EFFECT OF ARGUMENT MAPPING METHOD AND SELF EFFICACY ON CRITICAL THINKING ABILITY
Abstract
PENGARUH METODE PETA ARGUMEN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
The aim of this study is to know the effect of argument mapping method and self efficacy on critical thinking ability and interaction between argument mapping method and self efficacy on critical thinking ability. The method that used in this research is quasi experiment with 2 x 2 factorial design. The instruments that used in this research are critical thinking ability essay test and self efficacy questionnaire. The subject of this study is students of XI IPA 1 and 3 from SMAN in Jakarta totalling 72 students. Samples were taken using simple random sampling. Analysis of data used two way anova. The result showed that : 1) There is effect of argument mapping method on critical thinking ability with p< 0,05, p = 0,000. 2). There is effect of self efficacy on argument mapping method and self efficacy on critical thinking ability with p< 0,05, p = 0,000. 3) There is no interaction between argument mapping method and self efficacy on critical thinking ability with p> 0,05, p = 0,602.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peta argumen dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis, serta interaksi antara pengaruh metode peta argumen dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain ANAVA dua arah dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian ialah XI MIPA SMA Negeri di Jakarta dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu XI MIPA 1dan 3 yang berisi 72 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes uraian dan kuesioner efikasi diri. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh metode peta argumen terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan p<0,05, p = 0,00, (2) terdapat pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan p<0,05, p = 0,00, (3) tidak terdapat interaksi pengaruh metode peta argumen dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan p>0,05, p = 0,602.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/es.v10i2.7596 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 siti mulya agnah, Rusdi Rusdi, Yanti Herlanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
EDUSAINS. P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281
Â
Â