PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN SISIPAN MEMBACA KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Arief Muttaqiin Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Wahyu Sopandi 2Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1752

Keywords:

Discovery Learning, critical reading, critical thinking, Membaca Kritis, berpikir kritis

Abstract

Abstract

The aims of this study was to find whether there was an influence of the Discovery Learning model with critical reading insertion (DL-MK) towards critical thinking skills of students of grade VII in one of junior high school in Cimahi. A Quasi Experiment method with The Static-group Pretest-Posttest Design was used in this study. Students were grouped in an experimental group (Discovery Learning model with critical reading/DL-MK) and a control group (Discovery Learning model with non-critical reading/ DL-MB). The data from a test were analyzed using t-test or Mann-Whitney U test with α= 0.05. The findings showed that there was a significant difference of critical thinking skills enhancement on aspects of strategy and tactics between experimental group and the control group (sig. N-gain= 0.014). The results of statistical tests in elementary clarification (sig. N-gain= 0.520) and conclussion (sig. N-gain= 0.144) aspect showed no significant differences between the experimental group and the control group.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan adakah pengaruh dari pembelajaran model Discovery Learning dengan sisipan Membaca Kritis (DL-MK) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di salah satu SMP di Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Quasi Experimental dengan desain The Static-Group Pretest-Posttest.siswa dikelompokkan ke dalam kelas (model Discovery Learning dengan sisipan Membaca Kritis/ DL-MK) dan kelas kontrol (model Discovery Learning dengan sisipan Membaca Biasa/ DL-MB). Data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t atau uji U-Mann Whitney dengan α= 0,05. Hasil temuan menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan signifikan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada aspek strategi dan taktik di antara kedua kelompok penelitian (sig. N-gain= 0,014). Hasil pengujian statistik pada aspek penjelasan dasar (sig. N-gain= 0,520) dan menyimpulkan (sig. N-gain= 0,144) menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/es.v8i1.1752


Downloads

Published

2016-06-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN SISIPAN MEMBACA KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. (2016). EDUSAINS, 8(1), 57-65. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1752