PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE PRAKTIKUM DAN DEMONSTRASI MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Azizah Arisman, Anna Permanasari

Abstract


Abstract

This research aims to identify the differences of scientific literacy between students arranged with STAD cooperative learning using labwork and STAD cooperative learning using interactive multimedia demonstrations. The study was also conducted to identify students responses to the two learning methods applied. The method used was quasy experiment with pretest-posttest control group design with the two classes. Instruments used in this research were scientific literacy test sheet in the form of multiple choice questions and quistionare. The research shows that cooperative learning using labwork methode increased students science literacy, better than cooperative learning with interactive multimedia demonstration.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan peningkatan literasi sains antara siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan metode praktikum dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang menggunakan metode demonstrasi multimedia interaktif. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengidentifikasi respon siswa terhadap kedua metode pembelajaran yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment dengan pretest-postest control group design dengan perlakuan terhadap dua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes literasi sains dalam bentuk soal pilihan ganda dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode praktikum dapat meningkatkan literasi sains siswa lebih baik bila dibandingkan dengan peningkatan literasi sains pada kelas yang menggunakan metode demonstrasi multimedia interaktif.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/es.v7i2.1676


Keywords


pembelajaran kooperatif tipe STAD; praktikum; demonstrasi multimedia interaktif; literasi sains

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1676 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Azizah Arisman, Anna Permanasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats

 

Â