PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO GAME IPA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA
Abstract
Abstract
In education, many empirical studies have shown evidence that video games have the potential to improve student learning outcomes, but there is still great controversy in the literature regarding the impact of video game. More evidence is needed to convince educators and researchers regarding the actual value and the efficiency of video game in learning science. The purpose of this study was to examine the use of video game in learning to improve the mastery of concepts about the interaction of living beings and the environment of junior high school students who played the “Selamatkan Dunia Digital!” educational gaming application that has been developed by author in previous studies. This weak experimental study collected pretest and posttest results to determine students' mastery of concepts before and after Intervention. Normalized Gain of the pretest and posttest are assumed to be the effect of the intervention. The results show a low increasing mastery of concept by students who learned by playing game, so this study stated that learning science by using instructional video game media are still not able to facilitate mastery of concept of students.
Keywords: interactive media; video game; mastery of concepts
Abstrak
Dalam dunia pendidikan, banyak penelitian empiris telah berhasil menunjukkan bukti bahwa video game memiliki potensi dalam meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi kontroversi besar masih ada pada literatur mengenai pengaruh game yang sebenarnya. Dibutuhkan lebih banyak bukti untuk meyakinkan pendidik dan peneliti mengenai nilai aktual dan efisiensi pembelajaran menggunakan video game. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan game dalam pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep tentang Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan siswa SMP. Game yang digunakan dalam penelitian ini adalah game yang berjudul “Selamatkan Dunia Digital!” yang telah dikembangkan oleh peneliti pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain The one-Group Prettest-Posttest Design untuk memperoleh gambaran penguasaan konsep siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Peningkatan nilai pada pretest dan posttest diasumsikan merupakan efek dari perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai N-gain rata-rata siswa masih dalam kategori rendah, dan pencapaian skor posttest rata-rata siswa juga masih rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan media pembelajaran media video game masih belum dapat memfasilitasi penguasaan konsep IPA siswa pada konsep Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan.
Kata Kunci: media pembelajaran interaktif; video game; penguasaan konsep
Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/es.v8i2.1576
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/es.v8i2.1576 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rosita Putri Rahmi Haerani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
EDUSAINS. P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281
Â
Â