PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ADEL (ACTIVE AND DELIGHTFUL LEARNING) PADA MATERI ORGANEL SEL KELAS VII SMP

Adella Putri Kasih, Heru Nurcahyo

Abstract


DEVELOPMENT OF THE ADEL LEARNING MODEL ON CELL ORGANELLE TOPIC FOR GRADE 7 JUNIOR HIGH SCHOOL

 

Abstract

This study aims to create the ADEL learning model on the subject of cell organelles for grade 7 students of junior high school. This ADEL learning model is a combination of two learning approaches, the SAVI approach and accelerated learning. This research was conducted in four stages: define, design, develop, disseminate. Data collected were using instruments, including product assessment sheets in the form (aspects of content validity, construction, and practicality) and student questionnaire responses. Product trials are conducted with limited trials and large group trials. The test subjects were 35 students of grade 7 SMPN 15 Yogyakarta. The results of the analysis of the aspects of the validity of the ADEL learning model reach valid criteria, the practical aspects of the ADEL learning model have very good criteria and show that the ADEL learning model is quite practical. Moreover, students' responses to the ADEL learning model received good responses. The ADEL learning model on cell organelle material for 7th-grade junior high school students has valid and practical criteria so that it can be implemented in the learning process.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran ADEL pada materi organel sel kelas VII SMP. Model pembelajaran ADEL ini merupakan kombinasi dari 2 pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan SAVI dan Accelerated Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D yang terdiri atas Tahap define, design, develop, disseminate. Pengambilan data menggunakan lembar angket penilaian produk yang berupa (aspek validitas isi & konstruk serta kepraktisan) dan angket respon peserta didik. Uji coba produk dilakukan dengan uji coba terbatas dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba yaitu 34 peserta didik kelas VII SMP N 15 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pembelajaran ADEL pada materi organel sel kelas VII SMP layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis aspek validitas model pembelajaran ADEL mencapai kriteria valid, aspek praktis model pembelajaran ADEL memiliki kriteria sangat baik dan menunjukkan bahwa model pembelajaran ADEL cukup praktis. dan tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran ADEL mendapatkan tanggapan yang baik. Model pembelajaran ADEL pada materi organel sel untuk peserta didik kelas 7 SMP memiliki kriteria yang valid dan praktis. sehingga dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

 


Keywords


ADEL learning model; cell organelles; SAVI approach; accelerated learning approach; Model Pembelajaran ADEL;Organel Sel;Pendekatan SAVI; Pendekatan Accelerated Learning

Full Text:

PDF

References


Akhdinirwanto, R. W. (2011). Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa SMP Negeri 5 Wates. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. 93–100.

Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1834

Azizah, T. N., Ruminiati, & Zainuddin, M. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Mind Mapping berbasis Pendekatan SAVI. Jurnal Pendidikan, 3(1), 121–124.

Baharudin,H & Wahyuni,E.S.(2009). Teori Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta:Ar-Ruzz media.

Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Development learning model of charactereducation through e-comic in elementary school. International Journal of Education and Research .3(9), 369–386.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Desmita. (2012).Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung: PT.Remaja Rosdakarya offset.

Dimyati & Mudjiono.(2010). Belajar dan pembelajaran.Jakarta. Rineka Cipta

Eggen, P., & Kauchak, D.(2012). Strategi dan model pembelajaran: mengajar konten dan keterampilan berpikir. (Terjemahan Satrio Wahono). Boston: Pearson.

Fuadah A, & Djohar. (2015).Pengembangan Model pembelajaran IPA berbasis 4N (NENG, NING.NUNG,NANG) untuk Menciptakan Proses Belajar Fungsional Peserta Didik SMP Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.1(1), 36–45. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529

Gloria, R. Y. (2012). Pentingnya Asesmen Alternatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan MembacaIlmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Scientiae Educatia, 1(April), 1–17.

Isnaini, Adlim, & Mahidin. (2016). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Scientific. Jurnal Unsyiah, 04(02), 191–202.

Jayawardana, H. B. A., & Djukri. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA/MA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212.

Joyce & Weil. (1992). Models of Teaching.Fourth Edition. USA: Allyn and Bacon.

Kurniawan, I. S., & Toharudin, U. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Berorientasi Etnopedagogi Pada Mahasiswa Calon Guru. Scientiae Educatia, 6(1), 27. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i1.1287

Lesmana, F., Kusman, M., Ariyano, A., & Karo Karo, U. (2016). Metode Latihan (Drill) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menggambar Autocad1. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 246. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3809

Mayliana, E., & Sofyan, H. (2013). Penerapan accelerated learning dengan pendekatan SAVI untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi menggambar busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 14–28. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1573

Meier, D. (2002). The Accelerated Learning Handbook. Paduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Penelitian. Bandung: Kaifa.

Minhas, Ghosh., & Swanzy. (2012). The effect of passive and active learning on student preference and performance in an undergraduate basic science course. Anat Sci Education, 5 (4), 200-207.

Mulyatingsih,Endang.(2011).Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik.Yogyakarta:UNY Press

Nofitria, A., & Susanto, G. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Kritis Teks Argumentasi. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1409–1415.

Nugroho, P. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 22(2), 114077.

Nurwidyastuti, B., & Wutsqa, D. U. (2016). Pengembangan model pembelajaran PBL pada pelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan investigasi dan ranah afektif. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 32–42. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i1.12952

Pramudiani, H., Widianti, T., & Peniati, E. (2014). Penerapan Pendekatan Accelerated Learning disertai Media Puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar. Unnes Journal of Biology Education 3(2), 164–171.

Priyayi, D. F., & Adi, B. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Accelerated Learning Included By Discovery ( ALID ) Pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMAN 7 Surakarta. Jurnal inkuiri, 3(Ii), 1–15.

Rofi’ati, N., Herlina, L., & Sumadi. (2014). Penerapan Model Pencapaian Konsep Berbantu Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel di SMA. Journal of Biology Education, 3(2), 193–200.

Rusman (2011). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme pendidik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rustaman, N. (2013). Strategi belajar biologi. Malang: IKIP Malang Press

Sarnoko, S., Ruminiati, R., & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan SAVI Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN I

Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1235–1241.https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524

Sa’ud, U.S (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Selvianus S., Putu Riastanti, & Manik Widayanti. (2013). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari motivasi belajar. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3 tahun 2013

Septiani, E. T., Jalmo, T., & Yolida, B. (2014). Penggunaan bahan ajar leaflet terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Bioterdidik.2(4).

Sodikin, M. A., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2018). Penerapan Metode Information Search Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara. Journal of Mechanical Engineering

Education, 5(1), 50. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i1.12619

Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Syarifah, S., & Sumardi, Y. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Malcolm’S Modeling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 237.https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7510

Tawalbeh, T. I., & AlAsmari, A. A. (2015). Instructor’ perception and barriers of learner-centered instruction in English at the university level. Higher Educational Studies Journal, 5(2), 38-51.

Uno,H.B. (2017).Teori Motivasi dan Pengukurannya “Analisis di Bidang Pendidikan”.Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Wulandari.(2013).Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Cerita Bergambar Materi Sistem Pencernaan di SMP. J biol.educ. 2(3)

Wulansari B.Y, & Sugito. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Belajaranak Usia Dini Developing Nature-Based Learning Model for Improving Learning Process Quality of Early Age Children. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 16.

Zaltman,G.,Duncan, R. & Holbek,J. (1973). Innovation and Organization. A Wiley-Interscience Publication John Wiley and Sons, New York.London, Sidney, Toronto.

Zaraturrahmi, Adlim, & Zulkarnaen. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah Pada Pokok Bahasan Cermin Untukmeningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Unsyiah, 04(0), 178–186.




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.14041 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adella Putri Kasih, Heru Nurcahyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats

 

Â