PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN
Abstract
THE EFFECT OF ANALYTICAL THINKING SKILLS ON PROBLEM-BASED LEARNING TOWARDS STUDENTS’ LEARNING OUTCOME OF THE KNOWLEDGE DOMAIN
Abstract
This research aims to discover the influence of analytical thinking skill on problem-based learning towards students' learning outcomes of the knowledge domain. This research was conducted in SMP 1 Jaten in the academic year of 2018/2019. The research method used in this research was quasi-experimental. The researcher used simple random sampling to take a sample of this research. The sample of this research was 64 students of SMPN 1 Jaten. The researcher collected the data using objective tests in the form of 18 multiple choice questions to get data of the knowledge domain and 12 questions to get data of analytical thinking skills. The data analysis technique used by the researcher was a parametric test using the ANOVA test. Based on the data analysis, it was got that the sig value was 0.539. If the sig value was > 0.05, it could be concluded that H0 was accepted. It means that the students analytical thinking skill does not influence significantly towards students learning outcomes of the knowledge domain.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir analitis peserta didik pada pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap hasil belajar pada ranah pengetahuan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Jaten pada tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 64 peserta didik. Pengambilan data dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda sebanyak 18 butir soal untuk mendapatkan data hasil belajar ranah pengetahuan dan 12 butir soal untuk mendapatkan data kemampuan berpikir analitis. Analisis data yang digunakan yaitu uji parametrik dengan menggunakan uji anava. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh nilai sig sebesar 0,539. Nilai sig yang diperoleh > 0,05 maka disimpulkan H0 diterima yang menunjukkan kemampuan berpikir analitis peserta didik tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah pengetahuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arnold, R. D., & Wade, J. P. 2015. A Definition of System’s Thingking: A System’s Approach. Procedia Computer Science 44 (1), 669-678.
Assegaf, Asrani. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1 (1), 38-48.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fabumi M, Brai-Abu P, Adenji IA. 2007. Class factors as determinants of secondary school student’s academic performance in Oyo State. Journal of Social Science 14(30):243247
Ilma. 2017. Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Veraliser. Jurnal Review Pembelajaran Matematika 2 (1), 1-14
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Laksono, Endang W. 2017. Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Kimia. Jurnal Kependidikan 1(1), 100-110
Maghfiroh, U. 2011. Penerapan Pembelajaran Fisika Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7, 6-12
Marpaung, Junri Lesmon. 2017. Penerapan Metode Anova Untuk Analisis Sifat Mekanik Komposit Serabut Kelapa. Jurnal Online Poros Teknik Mesin 6(2), 151-162
Montaku, Sudjit. 2011. Result of Analytical Thinking Training Through Student in System Analysis and Design Course. Proceeding of the IETEC’11 Conference, Kuala Lumpur, Malaysia
Prayogi, Saiful. 2013. Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Prisma Sains 1(1), 79-87
Qomariya, Yuyun. 2018. Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP Negeri 3 Bangkalan dengan Menggunakan Metode Pictorial Riddle dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Journal of Natural Science Education Research 1(1), 9-18
Razali, M., Jantan, R., & Hashim, S. 2007. Psikologi Pendidikan. Malaysia: PTS Professional
Sayekti, Ika Candra. 2012. Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Analisis dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri, 1 (2), 142-153
Utomo, Yosan Setyo. 2018. Pengaruh Keterampilan Kerjasama Terhadap Prestasi Belajar Konsep Gaya Pada Pembelajaran IPA di SMP. EDUSAINS 10 (2): 319 – 326
Winarti. 2015. Profil Kemampuan Berpikir Analitis dan Evaluasi Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika 2(1), 19-24
Winataputra, Udin S.dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Wulandari, 2014. Kemampuan Analisis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Kalor Tipe Grafik. Prosiding Semnas Enterpreneurship, 158-165.
Yinusa MA, Basil AO. 2008. Socio economic factors influencing students academic performance in Nigeria.Pakistan. Journal of Social Sciences 5(4):319-323.
DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.11659 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Galih Rinekso Yuwono, Widha Sunarno, Nonoh Siti Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
EDUSAINS. P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281
Â
Â