PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DAN PENDIDIKAN KIMIA TERHADAP PENGGUNAAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR BERBASIS MOBILE LEARNING
Abstract
PERCEPTION OF BIOLOGY AND CHEMISTRY TEACHER EDUCATION STUDENTS ON MOBILE LEARNING-BASED BASIC PHYSICS PRACTICUM GUIDEBOOK
Abstract
Guidebooks are a learning resource that can be used by students. Ease of accessing practical guidebooks can motivate learning for students, so a guidebook through mobile learning is one of the solutions in providing easy access to practical manuals. This study aims to determine student perceptions about the use of mobile physics-based Basic Physic Practicum Guides The research method is quantitative. Using descriptive statistical analysis. In research using random sampling techniques. There are 29 Chemistry Education students and 28 Biology Education students. All respondents will be given a perception questionnaire. Then 10 Chemistry Education students and 10 Biology Education students will be interviewed. The results of the analysis showed the perception of Chemistry Education students about the use of mobile learning-based practicum guides has enough criteria with a percentage of 50%. While the perception of Biology Education students about the use of practicum guides based on mobile learning has Good criteria with a percentage of 58.62%. From the interviews, it was found that 89% agreed with the use of smartphones for academic purposes, with the reason to access educational information, and their use was simple. 100% of students agree that the use of smartphones can help to learn activities wherever and whenever and can provide motivation for students in practical activities. This shows that students of Chemistry Education and Biology Education provide positive perceptions about the use of a Mobile learning-based Basic Physics Practicum Guidebook.
Abstrak
Buku panduan merupakan sebuah sumber belajar yang dapat digunakan mahasiswa. Kemudahan dalam mengakses buku panduan praktikm dapat memberikan motivasi belajar bagi mahasiswa, jadi buku panduan melalui mobile learning menjadi salah satu solusi dalam memberikan kemudahan dalam melakukan akses pada buku panduan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang penggunaan panduan praktikum Fisika Dasar berbasis mobile learning. Dengan metode penelitian yaitu metode kuantitatif. Menggunakan analisis statistic deskriptif. Pada penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel random. Berjumlah 29 orang mahasiswa Pendidikan Kimia dan 28 orang mahasiswa Pendidikan Biologi. Seluruh responden akan diberikan angket persepsi. Kemudian 10 mahasiswa Pendidikan Kimia dan 10 orang mahasiswa Pendidikan Biologi akan dilakukan wawancara. Hasil analisis menunjukkan persepsi mahasiswa Pendidikan Kimia terhadap penggunaan panduan praktikum berbasis mobile learning memiliki kriteria yang cukup baik dengan persentase 50%. Sedangkan persepsi mahasiswa Pendidikan Biologi tentang penggunaan panduan praktikum berbasis mobile learning memiliki kriteria Baik dengan persentase 58,62%. Dari hasil wawancara didapatkan 89% setuju dengan penggunaan smartphone untuk tujuan akademik, dengan alasan untuk mengakses informasi yang bersifat edukatif, dan penggunaannya simple. 100% mahasiswa setuju bahwa penggunaan smartphone dapat membantu kegiatan belajar dimana dan kapanpun serta mampu memberikan motivasi bagi mahasiswa dalam kegiatan praktikum. Hal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan Kimia dan Pendidikan Biologi memberikan persepsi yang positif tentang penggunaan buku panduan praktikum Fisika Dasar berbasis mobile learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AlHajri, R., Al-Sharhan, & AL-Hunaiyyan, A. 2017. Students’ Perceptions of Mobile Learning: Case Study of Kuwait. International Journal of Educational and Pedagogical Sciences. 2(11). 371-374.
Amalia, F., Brata, A.H., Sulistyo, R.T., & Diofanu, A. 2018. Analisis Tingkat Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Blog Gratis Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Pada Guru. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 3(5). 335-340.
Darmaji, Astalini, Rahayu, A., dan Maison. 2018. Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Problem Solving. EDUSAINS. 10(1). 83-96.
Fitriani, E., Utaya, S., & Budijanto. 2016. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Geografi Di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Jurnal Pendidikan. 4(1). 662-667.
Irwansyah, S.F., Farida, I., Fitriyanti, I., & Susilawati, I. 2018. Pengembangan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Penggunaan Aplikasi Color Grab Dalam Penentuan Massa Zat Larutan Berwarna. EDUSAINS. 10(2). 235-242.
Juraman, S.R. 2014. Pemanfaatan Smartphone Android Oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Dalam Mengakses Informasi Edukatif. Journal. 1(3).
Mangurai, S.M. 2017. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing dan Performance Assesment Pada Siswa XI IPA 1 SMA Kristen 1 Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017. EDUSAINS. 9(2). 222-231.
Nasution, Y.A., Hasruddin, & Gultom, T. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Berbasis Inkuiri Kontekstual Materi Mikrobiologi Air Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi. EDUSAINS. 10(1). 113-119.
Ngabekti, S., Prasetyo, A.P.B., Hardianti, R.D., & Teampanpong, J. 2019. The development of stem mobile learning package ecosystem. Jurnal Pendidikan IPA. 8(1). 81-88.
Nugraheni, A.R.E. & Dina. 2017. Pengaruh Penerapan Pembelajaran E-Learning Terhadap Kemandirian Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Wawasan Dan Kajian Mipa. EDUSAINS. 9 (1).111-116.
Pollara, P. & Broussard, K.K. 2011. Student Perceptions of Mobile Learning: A Review of Current Research. In Proceedings of Society for Information Technology & Teacher Education International Conference. United States.
Prasojo, L. D, dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta:Gava Media.
Prospektus. 2016. Prospektus Universitas Jambi 2016/2017. Jambi:Universitas Jambi.
Ramdan, S. & Hamidah, I. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Melalui Penerapan Levels Of Inquiry Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu. EDUSAINS. 7 (2). 105-113.
Rezba, R. J., Sprague, C. R., McDonnough, J. T., & Matkins, J. J. 2007. Learning and Assessing Science Process Skills. United States of America:Kendaal/Hunt Publishing Company.
Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Setiawati, N., Kartika, I. dan Purwanto, J. 2013. Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Moodle Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Fisika Di Sma. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Subagyo, Y., Wijayanto, & Marwoto, P. 2009. Pembelajaran Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu Dan Pemuaian. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 5. 42-46.
Sudarman & Saparuddin, M. 2018. Pengembangan Ebook Panduan Praktikum Sebagai Suplemen Pendukung Pembelajaran Blended Learning. Konferensi Antar bangsa islam Borneo ke-10. Samarinda.
Suryaningsih, Y. 2017. Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education. 2(2), 49-57.
Susongko, P. & Fatkhurrohman, M.A. 2017. Determinants Factors Analysis Of Indonesian Students’ Physics Achievement In Timss 2011. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 13(1). 49-58.
Suyatna, A., Maulina, H., Rakhmawati, I., &Khasanah, R.A.N.2018. Electronics Versus Printed Book:A Comparison Study On The Efectivity Pf Senior High School Physics Book. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 7(4). 391-398.
Woodill, G. 2011. The Mobile Learning Edge. USA: The McGraw-Hill Companies.
Zamista, A.A. & Kaniawati, I. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. EDUSAINS. 7 (2). 191-201.
DOI: https://doi.org/10.15408/es.v11i2.11185 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Darmaji Darmaji, Dwi Agus Kurniawan, astalini astalini, sofia christine samosir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
EDUSAINS. P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281
Â
Â