Enhancing Arabic Learning Outcomes Through the Course Review Horay Cooperative Learning Model
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aje, A. U. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Division (Stad) & Team Games Tournament (TGT). CV. Azka Pustaka.
Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan (Cet 1). DIVA Press.
Awalia, M., Sowanto, & Dusalan. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 5(1).
Darudin. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Negeri 1 Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2).
Dewi, N. K. N. S., Astawan, I. G., & Margunayasa, I. G. (2020). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2).
Faradita, M. N. (2021). Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay. Jakad Media Publishing.
Fatmawati, Miranda, A., Reza, M. F., Handayani, R., & Yuzrizal. (2024). The Effect Of The Course Review Horay Learning Model On Critical Thinking Skills Of Grade V Student In Elementary Schools. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 7(1).
Fitriana, A. A. & Sukirman. (2024). Effectiveness of Active Learning Models in Arabic Language Education: Course Review Horay in an Indonesian Madrasah. ATHLA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 5(2).
Gillies, R. M., Millis, B., & Davidson, N. (2023). Contemporary Global Perspectives on Cooperative Learning: Applications Across Educational Contexts (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003268192
Hartati, T., & Panggabean, E. M. (2023). Karakteristik Teori-teori Pembelajaran. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(1).
Hasibuan, L. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma, 5(1).
Hasibuan, Z. E. (2024). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, Kepustakaan dan PTK. AE Publishing.
Hasrati, H., Afiah, N., & Yulmiati, Y. (2021). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIS Ma’arif Ambopadang Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polewali Mandar. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 2(1).
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Cet.2). Yogyakarta,Raja, Pustaka Pelajar.
Husniati, T. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Arab melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa MTs Negeri 4 Bantul Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Jurnal Studi Islam, 5(1).
Imas, K., & Berlin, S. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Jakarta: Kata Pena.
Isnaini, F., Safitriani, I., & Dariyadi, Moch. W. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dan Numbered Head Together dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Kalimatuna: Journal of Arabic Research, 3(2).
Izzatunnafiza Bustami, S., Fatchiatuzahro, & Asriani. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dengan Menggunakan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswi Kelas Vii Mts Ummul Quro Al-Islami Bogor. Shawtul ‘Arab. SHAWTUL ‘ARAB, 3(2).
Jambak, M., Iswandi, & Mirdawati, N. (2024). strategi pembelajaran afektif dalam pendidikan: Pendekatan dan implementasi. Pavaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2).
Juniar Indah Putri, T., & Nurkholidah Rambe, R. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
Kaharuddin, A. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif. Pusaka Almaida.
Kholifah, N. A. (n.d.). Daftar Nilai Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab kelas IVB SDIT Subulussalam Tahun pelajaran 2024/2025.
Mutiara, F. B., Komikesari, H., & Asiah, N. (2019). Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1).
Novera, E., Daharnis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6).
Nuraida. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Aulia Publishing House, 79.
Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20(1).
Prastiwi, N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IVB SDN Brumbung Tahun Ajaran Gasal 2021/2022. Action Research Journal, 2(1).
Prayitno, A. (2021). Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12).
Rahmawati, A. S. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 2(2).
Ramli, Y., Setiawati, H., & Tharikh, A. J. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH). Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3).
Rosita. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 3(1).
Sembiring, W. S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay Sub Thema 1ciri Ciri Dan Kebutuhan Makluk Hidup Di Kelas Iii Sd Swasta Masehi 4 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 3(1).
Setiawan, A., Apsoh, S., & Ariani, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri Sirnagalih. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3).
Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan Interpedensi Sosial sebagai Landasan Teori dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. (Cetakan ke 2). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. Bumi Aksara.
Yulia, R. H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay. Journal of Islamic Education El Madani, 1(2).
DOI: https://doi.org/10.15408/a.v12i1.45454
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Arabiyat is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International |