Design of Qirâ`ah Skill Learning Media Based on The Book Creator Application
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. (2019). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Raja Grafindo Persada.
Acep, H. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmad Fuad Effendi. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab: Teori dan Metode. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Al-Fauzan, A. bin I. (n.d.). Idhâât Limu’allimî al-Lughah al-’Arabiyyah li Ghairin Nâthiqîn Bihâ. Riyadh: Arabic for All.
Al-Nahlawi. (2015). al-Tarbiyat al-Islâmiyah wa Falsafatuhâ. Dâr al-Fikr.
Brookfield, S. (2013). Teaching for Critical Thinking. International Journal of Adult Vocational Education and Technology (IJAVET), 4(1).
Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran: Analisis Dampak Penggunaan Media Tiktok terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2).
Elder, L., & Paul, R. (2020). Critical Thinking: Tools for Taking Charge of your Learning and your Life. Rowman & Littlefield.
Ennis, R. H. (1962). A Concept of Critical Thinking. Harvard educational review.
Farkhanah, E. (2023). Pemanfaatan “Book Creator” dalam Pembelajaran Literasi Digital untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran “Produk Kreatif dan Kewirausahaan.” Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 4(2).
Fisher, A. (2004). The Logic of Real Arguments. Cambridge University Press.
Fuad, A. (2016). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Hasanah, I., & Rodi’ah, S. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu media Book Creator Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2).
Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Tradisi Lisan Aceh. Mimbar Ilmu, 25(3).
Ibrahim. (1968). Qirâ’ah wa Fahm al-Nushûsh. Dâr al-Ma’ârif.
Knowles, M. S. (1975). Self-directed learning: A guide for learners and teachers.
Kusumawati, N. A. (2022). Penggunaan Media E-Book Creator untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 1 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Semester Genap Tahun Pelajaran 2021-2022. Continuous Education: Journal of Science and Research, 3(3).
Lipman, M. (2003). Thinking in Education. Cambridge University Press.
Manzur, I. (1996). Lisân al-Arab, Beirut: Dâr al-Shadr, t. th.
Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. In Psychology of learning and motivation, 41. Elsevier.
Muhammad Rajab Fadlullah. (1998). Itti’jâhat Tarbawiyah Mu’âshirah fi Tadrîs al-Lughah al’Arabiyah. Kairo: ‘Âlam Kutub.
Mujib, F., & Rahmawati, N. (2012). Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Muliarta, I. K. D. (2024). Book Creator Sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Kedua.
Munip, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga.
Mustofa, B., & Hamid, M. A. (2016). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Maliki Press.
Puspitasari, V., & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development, 8(4).
Rahman, A. A. (2017). Keterampilan Membaca dan Teknik Pengembangannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Diwan: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 3(2).
Rohani, A., & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Komik dengan Menggunakan Aplikasi Comic Page Creator untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4).
Sanjaya, D. H. W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan.
Sanjaya, P. A. (2022). Pengembangan Pembelajaran Sejarah Berdiferensiasi Menggunakan e-Module Berbasis Book Creator. Prodiksema, 1(1).
Sespen, A. P. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan Book Creator di SDN Percobaan Padang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(4).
Silalahi, J., Butarbutar, I., Sirait, R., & Gultom, T. Y. (2023). Pengembangan Pembelajaran Virtual dengan Aplikasi Book Creator pada Mata Kuliah Tafsir Perjanjian Lama. Jurnal Shanan, 7(2).
Sudaryono, Rahayu, W., & Margono, G. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Graha Ilmu.
Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Deepublish.
Tahir Ahmad Al-Zawi, Tartîb al-Qâmus al-Muhîth, Juz’I, Riyadh: Dâr al-‘Âlam al-Kutub.
Taufik, T., Rifki, A., Ilmiyah, D. F., Aghnia, C. D., Yani, A., & Murwanti, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Mahârah Qirâ’ah dengan Menggunakan Book Creator. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 6(2).
Yusuf, M., & Munawir, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Permainan Edukasi Word Wall pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).
DOI: https://doi.org/10.15408/a.v12i1.43966
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Arabiyat is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International |