The Use of the Istinbathiyah Method in Learning the Ma’ani (Balaghah) Using Mutasyabihat fi al-Alfadz Verses
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aniati, I., Dalimunthe, I. S., & Hayati, N. (2023). The urgency of arabic in the study of the Qur’an. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Anwar, A., & Hitami, M. (2023). Ulumul Qur’an: Sebuah Pengantar. PT. RajaGrafindo Persada - Rajawali Pers.
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental research dalam penelitian pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1).
Aswandi, A., & Alwizar, A. (2024). Belajar dan Mengajar dalam Perspektif Al-Qur’an. Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an, 5(2).
Athani, N. (2017). Istikhdaamu Wasiilah Bithaaqah Takammulah Bithariiqatil Istinbathiyah Fii Ta’liimil Af’al. Thesis UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Demir, S. (2022). Comparison of Normality Tests in Terms of Sample Sizes under Different Skewness and Kurtosis Coefficients. International Journal of Assessment Tools in Education, 9(2).
Fathurrahman, A. (2016). Penafsiran ayat-ayat mutasyâbihât (studi komparatif tafsir marâh labîd dan Tafsir al-kasysyâf). Thesis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fibriyanti, E. (t.t.). Analisis narsistik pada tokoh amangkurat dalam naskah amangkurat amangkurat karya goenawan mohamad dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di sma. Thesis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ghofur, A., & Amiroh, F. (2021). Telaah Konsep Tafwīḍ dan Takwil pada Ayat-Ayat Mutashābihāt dalam Al-Qur’an dan Terjemahannya Terbitan Kemenag RI Edisi Penyempurnaan Tahun 2019. Al Itqan: Jurnal Studi Al-Qur’an, 7.
Hizbi, N. (2009). Aplikasi Pengajaran Nahwu dengan Metode Istinbathiyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Thesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Kalam, D. (2011). Pandangan Muhammad Husein Thabathaba’i Tentang Nikah Mut’ah dalam Tafsir Al-Mīzan. Thesis UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Khatun, N. (2021). Applications of Normality Test in Statistical Analysis. Open Journal of Statistics, 11(1).
Khotimah, K. (2023). Konstruksi Toleransi Beragama Melalui Pemberitaan Kecaman Terhadap Pencopotan Label Gereja Oleh Ormas Garis Di Posko Gempa Cianjur Dalam Framing Cnnindonesia.Com. Thesis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Knief, U., & Forstmeier, W. (2021). Violating the normality assumption may be the lesser of two evils. Behavior Research Methods, 53(6).
Melati, S., & Arifin, Z. (2024). Teori Pemahaman Alquran Beserta Penafsirannya. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Muhammad Ilham, 180202137. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Istinbathiyah Pada Pembelajaran Nahwu (Penelitian Eksperimen Di Dayah Asaasunnajaah). Thesis UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Nurba’id, A. R. C., Nafilah, Z., Magdalena, M., Nisyak, H. K., Lailatul, S., Mutmainah, R., Ghurri, A., Andriana, L. M., & Ningsih, A. W. (2024). Artikel Review: Penerapan Paired t-test pada Penelitian Farmasi. Jurnal Farmasi dan Farmakoinformatika, 2(2).
Orcan, F. (2020). Parametric or Non-parametric: Skewness to Test Normality for Mean Comparison. International Journal of Assessment Tools in Education, 7(2).
Rahman, H. (2019). Amin Al-Khuli, Pendekatan Kritik Sastra Terhadap Al-Quran. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 2(1).
Rozani, M. (2021). Metode Pengajaran Baca Al-Qur’an Di Indonesia Dalam Perspektif Pembelajaran Permulaan Bahasa Arab. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 19(2).
Saleh, E., Tarawneh, A., Dwairi, H., & AlHamaydeh, M. (2022). Guide to non-destructive concrete strength assessment: Homogeneity tests and sampling plans. Journal of Building Engineering, 49.
Sapil, M. (2022). Stilistika dan Al-Qur’an: Fenomena Budaya Uslûbiyah Bangsa Arab. Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2).
Sa’ud, U. S., Musthafa, B., & Sajawandi, L. (2021). Model Pembelajaran Membaca Terpadu berbasis Sastra Anak untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Penerbit NEM.
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1).
Tyas, A., Rozaq, F., & Fahrezy, M. A. N. (2024). Analisa Nilai Uji Getaran Menggunakan Vibrograph Yoshida Seiki dan Ride Indexer PJM pada Sarana KRL. Syntax Idea, 6(1).
Wang, Z., & Wang, W. (2020). Concept Drift Detection Based on Kolmogorov–Smirnov Test (Q. Liang, W. Wang, J. Mu, X. Liu, Z. Na, & B. Chen, Ed.). Springer.
Wyman, P. J., & Watson, S. B. (2020). Academic achievement with cooperative learning using homogeneous and heterogeneous groups. School Science and Mathematics, 120(6).
Zaneta, A., & Subhi, M. R. (2024). Peranan Ilmu Al-Qur’an dalam Penafsiran Ayat-Ayat Mutasyabihat. Al-Qadim - Jurnal Tafsir dan Ilmu Tafsir, 1(2).
DOI: https://doi.org/10.15408/a.v11i2.42469 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
© Copyright CC BY-SA Arabiyat, p-ISSN: 2356-153X, e-ISSN: 2442-9473 |