MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Abstract
Abstract
This study identifies and analyzes misconceptions about numeracy based on cognitive style. The research used a mixed approach with descriptive analysis involving 34 students in one of the public high schools in Kuningan. Data were collected using the Matching Familiar Figure Test (MFFT), numeracy questions, and interviews. There were 55.88% reflective cognitive style students, 23.54% impulsive, 11.76% slow-inaccurate, and 8.82% fast-accurate. Reflective students have a misconception rate of 22.10%, with the highest error in symbolic operations. Impulsive students showed a misconception rate of 34.17%, with the highest error in symbolic operations. Reflective students experience process skill errors, while impulsive students often experience transformation errors. These results indicate that students with impulsive cognitive styles rush to solve problems. Students who have a reflective cognitive style, when viewed based on the nature of their cognitive style, on average, show in the classroom that students tend to be slow in solving problems or problems. However, the answers given are more accurate and precise.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis miskonsepsi pada numerasi berdasarkan gaya kognitif. Penelitian menggunakan pendekatan campuran dengan analisis deskriptif yang melibatkan 34 siswa di salah satu SMA Negeri di Kuningan. Data dikumpulkan menggunakan tes Matching Familiar Figure Test (MFFT), soal numerasi, dan wawancara. Terdapat 55,88% siswa bergaya kognitif reflektif, 23,54% impulsif, 11,76% lambat-tidak akurat, dan 8,82% cepat-akurat. Siswa reflektif memiliki tingkat miskonsepsi sebesar 22,10%, dengan kesalahan tertinggi pada operasi simbolik. Siswa impulsif menunjukkan tingkat miskonsepsi sebesar 34,17%, dengan kesalahan tertinggi juga pada operasi simbolik. Siswa reflektif cenderung mengalami kesalahan keterampilan proses, sementara siswa impulsif sering mengalami kesalahan transformasi. Hasil ini menunjukkan bahwa kecenderungan siswa dengan gaya kognitif impulsif cenderung terburu-buru dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif, jika dilihat berdasarkan sifat gaya kognitifnya rata-rata menunjukkan di dalam kelas siswa cenderung lambat dalam menyelesaikan soal atau permasalahan tetapi jawaban yang diberikan lebih akurat dan tepat.Keywords
References
Afrisno Udil, P., & Nyongki Amsikan, O. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VIII SMPN Loro Tuan Pada Materi Pola Bilangan Dengan Certanty Of Response Index (CRI). Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 139–152. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.770
Ahyar, H., Andriani, H., & Sukmana, D. J. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.
Azis, N., Tahmir, S., & Minggi, I. (2020). Miskonsepsi pada Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(2), 178. https://doi.org/10.35580/imed15329
Bruner, J. (1977). The Process Of Education : A Landmark In Educational Theory. Harvard University Press.
Comins, N. (1993). Misconceptions About Astronomy: Their Origins and Effects on Teaching. 25, 1430.
Dedeng, E., Fayeldi, T., & Ferdiani, R. D. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VIII Pada Sub Materi Penyelesaian SPLDV dan Penerapan SPLDV Menggunakan Three Tier-Test. Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 2(2), 129–135.
Evendi, E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika (L. Sucipto, Ed.). Sanabil.
Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471
Fauziah, W. R., & Muchyidin, A. (2021). Misconception Analysis in Terms of Student Learning Styles. MaPan, 9(2), 197. https://doi.org/10.24252/mapan.2021v9n2a1
Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298
Fowler, & Jaoude. (1987). Using hierarchichal concept /proposition maps to plan instruction that addresses existing and potential student misunderstanding in science. (pp. 182–186). Cornell University.
Gagne, R. M. (1970). The Conditions Of Learning. Printed in the United States Of America.
Husain, H., Wiwiana, & Hari. (2020). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Stoikiometri. Chemistry Education Review, 4(1), 10–15.
Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Didactical Mathematics, 3(2), 84–91. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1810
Istiyani, R., Muchyidin, A., & Rahardjo, H. (2018). Analisis miskonsepsi siswa pada konsep geometri menggunakan Three-Tier Diagnostic Test. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 223–236.
Lintang Sukma, C. G., & Masriyah, M. (2022). Profil Miskonsepsi Siswa SMA Kelas XI pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1065–1068. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.947
Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.
Muchyidin, A., Nurlatif, L., & Nursuprianah, I. (2020). Miskonsepsi Siswa pada Pemahaman Konsep Bangun Ruang. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 72–86. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.72-86
Nadiyya, K. A., Susanti Vh, E., & Mulyani, B. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Reaksi Redoks dengan Menggunakan Three-Tier Test Kelas X Mipa di SMAN 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(2), 193–199.
OECD. (2022). PISA 2022 MATHEMATICS FRAMEWORK. November 2018.
Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Se-Kota Sungai Penuh dalam Menyelesaikan Soal AKM. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 232–237. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.919
Patta, R., Muin, A., Passinggi, Y., & Mujahidah, M. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 212. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20130
Polya, G. (1973). How to Solve It A New Aspect of Mathematical Method. Princeton Universitiy Press.
Pramasdyahsari, A. S., Amillia, S., & Sugiyanti, S. (2023). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV PISA-like berdasarkan gaya kognitif reflektif-impulsif: newman error analysis. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, 1(2). https://doi.org/10.28989/cakrawala.v1i2.1471
Pristiwanti, D., & Yuhana, Y. (2024). Miskonsepsi Penyelesaian Soal Cerita Matematika Pada Konsep FPB dan KPK Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 512–525. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.2693
Priyono, P. M. (2020). Profil Berpikir Analitik Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Sistematis dan Intuitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2).
Purwanto, A. J. (2021). Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 109. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24272
Pusmenjar. (2021). Tanya Jawab Asesmen Nasional. Januari.
Rahmah, N., Dassa, A., & Ramdani, R. (2019a). Analisis Miskonsepsi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif pada Siswa Kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Kota Makassar. Jurnal SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 11(2), 143–151.
Rahmah, N., Dassa, A., & Ramdani, R. (2019b). Analisis Miskonsepsi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif pada Siswa Kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Kota Makassar. Jurnal SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 11(2), 143–151.
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.
Rosdiana, R., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2018). Analisis Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1291
Rozencwajg, P., & Denis, C. (2005). Cognitive Processes in the Reflective – Impulsive Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology, 166(4). https://doi.org/10.3200/GNTP.166.4.451-466
Rusmin R. M. Saleh, & Isman M. Nur. (2023). Proses Berpikir Siswa SMP Berdasarkan Gaya Kognitif Intuitif dan Sistematis dalam Menyelesaikan Masalah Invers Proporsi Ditinjau dari Teori Pemrosesan Informasi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 751–762. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1163
Setianingsih, W. L., Ekayanti, A., & Jumadi, J. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5915
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ully, A. C., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Penyelesaian Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1318–1325. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3505
Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.410
Waluyo, E. M., Muchyidin, A., & Kusmanto, H. (2019). Analysis of Students Misconception in Completing Mathematical Questions Using Certainty of Response Index (CRI). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 27–39. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.2988
Warli. (2013). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Re! ektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 20(2).
Zamzam, K. F., & Patricia, F. A. (2017). Error Analysis of Newman to Solve the Geometry Problem in Terms of Cognitive Style. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 160.
DOI: 10.15408/ajme.v6i2.42778
Refbacks
- There are currently no refbacks.