PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Amanda Handya Putri, Armis Armis, Syofni Syofni

Abstract


Abstract

This research aims to develop instructional materials for teaching statistics using a contextual teaching and learning strategy. The goal is to enhance the mathematical connection abilities of eighth-grade junior high school students. The materials are designed to meet the criteria of validity and practicality. The present study involves the development of a 4-D model, encompassing the stages of Define, Design, Develop, and Disseminate. The validation process was carried out by involving three experts. Data pertaining to the feasibility of the teaching materials were acquired through testing conducted on eighth-grade students in a junior high school. The present study examines the validation outcomes of teaching materials, which were categorised as highly validBased on the findings of the readability assessment, it was determined that the average score for the "easy to understand" category was 86.97%. In addition, the practicality test meets the "very practical" category. These findings indicate that the use of a contextual approach in statistics material effectively improves students' mathematical connection abilities. This technique proves to be legitimate, easily comprehensible, and particularly beneficial for promoting the development of mathematical connections among eighth-grade junior high school students.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan dalam pengembangan bahan ajar untuk pengajaran statistika menggunakan strategi pengajaran dan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas delapan. Materi dirancang untuk memenuhi kriteria validitas dan kepraktisan. Penelitian ini melibatkan pengembangan model 4-D, yang mencakup tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Proses validasi dilakukan dengan melibatkan tiga orang ahli. Data mengenai kelayakan bahan ajar diperoleh melalui pengujian yang dilakukan pada siswa kelas delapan di sekolah menengah pertama. Penelitian ini mengkaji hasil validasi bahan ajar yang dikategorikan sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian keterbacaan yang dilakukan, diperoleh bahwa skor rata-rata untuk kategori "mudah dipahami" adalah 86,97%. Selain itu, uji kepraktisan memenuhi kategori "sangat praktis". Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dalam materi statistika efektif meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Bahan ajar ini terbukti valid, mudah dipahami, dan sangat bermanfaat untuk mendorong pengembangan koneksi matematika di kalangan siswa kelas delapan SMP.

Keywords


Contextual Teaching and Learning; Mathematical Connection; Statistics teaching Materials

References


Amalia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas IX di Cimahi Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika IAIN Bengkulu, 3(1), 57–64.

Ansori, H., Juhairiah, J., Amalia, R., Mardiana, M., Utari, I. M., & Ramadhan, A. S. (2022). Validitas Bahan Ajar Materi Esensi Geometri untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 75. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12063

Fathurroman, M. (2018). Mengenal Lebih Dekat Pendekatan dan Model Pembelajaran. Kalimedia.

Fendrik, M., Kemampuan, P., & Matematis, K. (2019). Koneksi Matematis Dan Habits of Mind Pada Siswa.

Hasratuddin. (2015). Mengapa harus belajar matematika? Perdana Publishing.

Lestari, Waluya, & Suyitno. (2015). Analisis Kemampuan Keruangan dan Self Efficacy Peserta Didik dalam Model Pembelajaran Treffinger Berbasis Budaya Demak. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2), 108–114.

Maulida, A. R., Suyitno, H., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) untuk Mengatasi Kecemasan SIswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 724–731. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.ph

MZ, Z. A., & Mulyani, F. R. (2019). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Ctl Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 37–45. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.27

Permatasari, R., & Nuraeni, R. (2021). Kesulitan Belajar Siswa SMP mengenai Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 145–156. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1033

Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan (Pertama). Kencana.

Saputra, I., Armis, A., & Maimunah, M. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA/MA Pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v5i1.7598

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Supinah, R., Kadir, K., & Suhyanto, O. (2020). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Strategi Belajar Preview Question Read Reflect Recite Review. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(2), 133–144. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i2.18171


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ajme.v5i2.35804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.