Pengukuran Efektivitas Pembelajaran melalui Penggunaan Social Technology UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Fresilia Astiania, Muhammad Qomarul Huda

Abstract


Dalam proses belajar mengajar, teknologi sosial yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah penggunaan teknologi sosial Facebook. Pada penelitian sebelumnya Facebook digunakan sebagai media untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar, namun semakin berkembangnya teknologi sosial terjadi peralihan penggunaan dimana media Facebook sekarang digunakan hanya sebagai sarana komunikasi saja, dan masih terdapat review negatif terhadap penggunaan teknologi sosial Facebook dalam proses belajar mengajar yang dianggap memiliki nilai yang kurang baik juga mempengaruhi intensitas mahasiswa mengakses Facebook dapat mengurangi waktu belajar sehingga efektivitas penggunaan yang belum tercapai, sehingga perlu dilakukan penelitian terkait sejauh mana penggunaan teknologi sosial. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pemanfaatan teknologi sosial khususnya media Facebook bagi pengguna di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan berdasarkan model Social Technology Use (STU). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif tahun akademik 2017/2018 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari populasi tersebut terpilih sebanyak 180 responden untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyatakan ditolak karena antar variabel tidak memiliki pengaruh yang signifikan belum terpenuhinya nilai statistika (t-test).


Keywords


Model Pengujian; Efektivitas Pembelajaran; UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Kuantitatif; Social Technology Use; Purposive Sampling

Full Text:

PDF

References


W. Afthanorhan, "A comparison of partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) and covariance based structural equation modeling (CB-SEM) for confirmatory factor analysis," International Journal of Engineering Science and Innovative Technology, vol. 2, no. 5, pp. 198-205, 2013.

R. Tanjungsari dan P. B. Hadiprajitno, "Analisis pengaruh variabel kontijensi tugas, teknologi, individual dan lingkungan terhadap pemanfaatan internet sebagai sarana pendukung pendidikan (survei pada mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro)," Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2012.

W. Komarasari, "Pengaruh kapasitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian intern akuntansi terhadap keterandalan pelaporan keuangan daerah (Pada SKPD Kabupaten Bantul Bagian Akuntansi dan Keuangan)," Prodi Akuntansi UPY, 2017.

A. Yusuf, E. Darwiyanto, dan E. Puspitasari, "Perancangan Tata Kelola Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kota Banda Aceh Dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard dan Cobit 5," eProceedings of Engineering, vol. 1, no. 1, 2014.

S. Sriyati, F. Satria, dan S. Sudewi, "Pemanfaatan E-Government Sebagai Media Promosi Di Bidang Pariwisata Ekonomi Kreatif (Studi Kasus: Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Kabupaten Pesawaran)," Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), vol. 5, pp. 80-87, 2017.

A. Purnomo, N. Ratnawati, dan N. Aristin, "Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z," Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, vol. 1, no. 1, pp. 70-76, 2017.

M. Ngafifi, "Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dan perspektif sosial budaya," Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol. 2, no. 1, 2014.

M. Q. Huda dan N. A. Hidayah, "A Conceptual Model of Social Technology Implementation," in Seminar Prosiding SENATKOM, 2015.

A. M. Kaplan dan M. Haenlein, "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media," Business Horizon, vol. 53, no. 1, pp. 59-68, 2010.

N. I. M. Dawot dan R. Ibrahim, "A review of features and functional building blocks of social media," in 2014 8th. Malaysian Software Engineering Conference (MySEC), 2014, pp. 177-182: IEEE.

D. Manasijević, D. Živković, S. Arsić, dan I. Milošević, "Exploring students’ purposes of usage and educational usage of Facebook," Computers in Human Behavior, vol. 60, pp. 441-450, 2016.

Y. Rachdianti, "Hubungan antara self control dengan intensitas penggunaan internet remaja akhir," 2011.

J. H. Nord, J. Paliszkiewicz, dan A. Koohang, "Using social technologies for competitive advantage: impact on organizations and higher education," Journal of computer information systems, vol. 55, no. 1, pp. 92-104, 2014.

R. I. Zahara, "Pengaruh Layanan Outbond Call (OBC) PT. Telekomunikasi Indonesia. Tbk Terhadap Citra Perusahaan: Survei pada Masyarakat Bandung Timur yang merupakan pelanggan dan pengguna produk PT. Telkom," UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2013.

R. Wagner, "Social media tools for teaching and learning," Athletic Training Education Journal vol. 6, no. 1, pp. 51-52, 2011.




DOI: https://doi.org/10.15408/aism.v2i1.20194 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL ADDRESS:

Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology,
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Faculty of Science and Technology Building, 3rd Floor, 1st Campus, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia.
Tlp/Fax: +622174019 25/+62217493315.
E-mail: aism.journal@apps.uinjkt.ac.id, Website: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism


Creative Commons Licence
Applied Information System and Management (AISM) by the Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism.