Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean

Sarip Hidayatuloh, Rinda Hesti Kusumaningtyas, Yusrina Aziati

Abstract


Kepuasan pengguna terus menjadi prioritas utama dalam dunia e-commerce dan menjadi faktor yang sangat penting untuk kesuksesan e-commerce. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang meramaikan segmen mobile marketplace melalui aplikasi mobile untuk mempermudah transaksi jual beli melalui perangkat ponsel. Namun, masih banyak keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pengguna aplikasi shopee sehingga berdampak pada kepuasan penggunanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan pengguna berdasarkan pengaruh dari pengalaman pengguna aplikasi shopee dengan menggunakan model DeLone & McLean yang dimodifikasi dengan menambahkan variabel perceived utilitarian dan perceived hedonic sebagai dimensi utama yang mewakili IT user experience. Populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi shopee sebagai pembeli dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sementara analisis data menggunakan pendekatan PLS-SEM dengan bantuan tools SmartPLS 3.2.8. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa information quality, system quality, perceived hedonic dan use memiliki pengaruh terhadap user satisfaction, sedangkan service quality dan perceived utilitarian tidak. Dari 15 hipotesis yang diajukan, tiga diantaranya ditolak yaitu service quality terhadap use dan user satisfaction kemudian perceived utilitarian terhadap user satisfaction.

Keywords


E-commerce; Kepuasan Pengguna; User Experience; Shopee, Delone & Mclean; PLS-SEM

Full Text:

PDF

References


S. A. Nugroho, "Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Berbelanja Online Melalui Situs Belanja Tokopedia," 2018.

W. H. DeLone, E. R. McLean. "Information systems success measurement," vol. 2, no. 1, pp. 1-116, 2016.

S. Petter, W. DeLone, and E. R. McLean, "Information systems success: The quest for the independent variables," vol. 29, no. 4, pp. 7-62, 2013.

H. A. Maith, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, "Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk," vol. 1, no. 3, 2013.

W. J. Keegan, Global marketing management. Pearson India, 2017.

R. H. Zadeh, "The Effect of Service Quality and Perceived Value on Customer Satisfaction, Loyalty and Retention in Restaurants of North Cyprus," Eastern Mediterranean University (EMU)-Doğu Akdeniz Üniversitesi (DAÜ), 2014.

M. Mohammad, "The Effects Of Utilitarian And Hedonic Online Shopping Value On Consumer Perceived Value," Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

D.-H. Shin, "Effect of the customer experience on satisfaction with smartphones: Assessing smart satisfaction index with partial least squares," vol. 39, no. 8, pp. 627-641, 2015.

A. Rahadi, "Analisis dan Desain Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Komputer (Studi Kasus Pada Toko Arta Boga)," vol. 8, no. 2, 2014.

K. C. Laudon and C. G. Traver, E-commerce: business, technology, society. 2016.




DOI: https://doi.org/10.15408/aism.v2i2.20159 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL ADDRESS:

Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology,
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Faculty of Science and Technology Building, 3rd Floor, 1st Campus, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia.
Tlp/Fax: +622174019 25/+62217493315.
E-mail: aism.journal@apps.uinjkt.ac.id, Website: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism


Creative Commons Licence
Applied Information System and Management (AISM) by the Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism.