Sistem Informasi Sociogram untuk Meningkatkan Kualitas Pelatihan Pelajar Islam Indonesia

Ahmad Fakri Saukani

Abstract


Pelajar Islam Indonesia (PII) adalah organisasi masyarakat di bidang pembelajaran, keislaman dan keindonesiaan dan sebagai organisasi kader, PII memerlukan proses pelatihan, kursus dan ilmiah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas anggotanya. Dalam pelatihan PII memiliki sistem penilaian menggunakan sociogram. Sociogram adalah kumpulan grafik dengan nilai pengamatan sosial dengan menggunakan metode sosiometri. PII memiliki tiga tingkat pelatihan yaitu Basic, Intermediate dan Advance. Proses penilaian peserta pelatihan dilakukan melalui beberapa tahap pendaftaran, wawancara, divisi lokal, penentuan lokal, laporan penilaian dan kemajuan lokal. Dalam setiap proses sociogram mensyaratkan seluruh data untuk diproses. Namun, PII masih menggunakan secara manual dan tidak ada keberlanjutan dan sinkronisasi data sehingga sering terjadi kehilangan data dan proses yang panjang dalam mempresentasikan data sehingga menghasilkan waktu lama dalam pengambilan keputusan dalam penanganan pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan membuat sistem informasi yang mampu mengendalikan asesmen informasi pelatihan secara efektif dan cepat. Metode yang penulis gunakan adalah pengembangan sistem RAD (Rapid Application Development) sebagai model pengembangan sistem dan Unified Modeling Language (UML) sebagai alat yang digunakan dan Java dan PHP sebagai bahasa pemrograman. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi sociogram pelatihan yang dapat mengotomatisasi penilaian dan dapat membantu PII dalam melakukan pengelolaan penilaian partisipasi pelatihan.

Keywords


Evaluasi; Pelajar Islam Indonesia; Sistem Informasi Sociogram; Mobile Android

Full Text:

PDF

References


S. Fatmawati, "Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Hidayah Semarang," Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2015.

F. F. Basalamah, "Pengembangan Bahan Ajar Mobile Inverted Constructivism Dengan Menggunakan App Inventor Pada Pembelajaran Matematika," Skipsi, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018.

E. Sujatmiko, Kamus IPS Ed.1, cet.1 ed. Surakarta: Aksara Sinergi Media, 2014, p. 327.

R. Susilo, "Pemahaman Individu Teknik Non Tes," ed: Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.

H. M. Jogiyanto, Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Penerbit Andi, 2017.

J. L. Whitten and L. D. Bentley, "System Analysis and Design for the Global Enterprise," 2007.

D. W. Pangestu, "Teori Dasar System Informasi Manajemen (SIM)," Ilmu Komputer, 2007.

B. Walgito, Bimbingan dan konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: CV Andi Offset, 2010.

I. García-Magariño, C. Medrano, A. S. Lombas, and A. Barrasa, "A hybrid approach with agent-based simulation and clustering for sociograms," Information Sciences Journal, vol. 345, pp. 81-95, 2016/06/01/ 2016.

I. García-Magariño and I. Plaza, "FTS-SOCI: An agent-based framework for simulating teaching strategies with evolutions of sociograms," Simulation Modelling Practice and Theory Journal, vol. 57, pp. 161-178, 2015/09/01/ 2015.

J. L. Whitten, L. D. Bentley, and K. C. Dittman, Metode Desain & Analisis Sistem, Edisi Ke-6 ed. Yogyakarta Penerbit Andi 2004.

W. W. Widiyanto, "Analisa Metodologi Pengembangan Sistem dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, dan Model Rapid Application Development (RAD)," Jurnal Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 34-40, 2018.

A. Krispriana, N. Kumaladewi, and E. Rahajeng, "Sistem Informasi Computer Assisted Test (CAT) Kementerian Agama Republik Indonesia," Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, vol. 9, no. 2, 2016.

K. E. Kendall and J. E. Kendall, Analisis dan Perancangan Sistem, 5 ed. Jakarta: PT. Indeks, 2010.

A. Rukajat, Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish, 2018




DOI: https://doi.org/10.15408/aism.v1i2.20104 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL ADDRESS:

Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology,
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Faculty of Science and Technology Building, 3rd Floor, 1st Campus, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia.
Tlp/Fax: +622174019 25/+62217493315.
E-mail: aism.journal@apps.uinjkt.ac.id, Website: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism


Creative Commons Licence
Applied Information System and Management (AISM) by the Department of Information Systems, Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/aism.