Pemahaman Ekoliterasi terhadap Peserta Didik Kelas X – IPA 1 di SMAN 2 Majalaya

Tina Agustina, Enok Maryani, Ahmad Yani

Abstract


Abstrak

Ekoliterasi penting untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran karena peserta didik memiliki peran sebagai agen yang mengembangkan pengetahuan, wawasan, sikap dan perilaku berkelanjutan di masyarakat (agent of change), agen yang memiliki kesadaran kondisi alamnya dan agen yang dapat menerapkan ekoliterasi dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik akan ekoliterasi diukur dengan pengetahuan, sikap, kesadaran dan partisipasi siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan Teknik pengumpulan kuisioner dan observasi, sampelnya adalah siswa kelas X IPA 1 di SMAN 2 Majalaya. Hasil penelitian peserta didik akan ekoliterasi menunjukkan bahwa pengetahuan cukup baik, kesadaran cukup baik, sikap tanggap terhadap lingkungan cukup baik, sikap isu lingkungan sangat khawatir dan partisipasi sedang.

Kata Kunci:  Ekoliterasi, Pemahaman, Kesadaran, Sikap, Partisipasi

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.