MODEL EDUCATION RECONSTRUCTION MODUL PERKULIAHAN PENELITIAN LABORATORIUM BERBASIS PROBLEM SOLVING-DECISION MAKING

Authors

  • Florida Doloksaribu Universitas Cenderawasih Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.15408/es.v6i2.1152

Keywords:

Mata Kuliah Penelitian Laboratorium (PL), Bahan Ajar, Problem Solving Decision Making (PSDM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pada matakuliah Penelitian Laboratorium (PL) di Universitas Cendrawasih, Papua. Penelitian menggunakan metode reseach and development (R&D) yaitu mengembangkan bahan ajar perkuliahan berdasarkan Model of educational reconstruction (MER).  Topik yang dipilih untuk dikembangkan adalah konteks kimia batu gamping yang dilakukan dengan pendekatan Problem Solving-Decision Making (PSDM). Penelitian melibatkan lima orang ahli untuk memvalidasi bahan ajar yang telah dibuat.  Berdasarkan respon ahli didapatkan hasil bahan ajar perkuliahan topik konteks kimia batu gamping berbasis PSDM telah memenuhi kriteria sebagai berikut ketepatan materi (konten dan konteks), kesesuaian antara konten dan konteks, kesesuaian materi dengan kurikulum (tujuan pembelajaran), ketepatan gambar dan tugas percobaan, dan kesesuaian materi dengan  kemampuan mahasiswa. Nilai content validity ratio (CVR) rata-rata  untuk bahan ajar perkuliahan  adalah 0,84, CVIh> CVIt(0,84 > 0,73), hal ini menandakan bahwa bahan ajar perkuliahan yang dikembangkan layak digunakan untuk mahasiswa pendidikan kimia.

Downloads

Issue

Section

Artikel

How to Cite

MODEL EDUCATION RECONSTRUCTION MODUL PERKULIAHAN PENELITIAN LABORATORIUM BERBASIS PROBLEM SOLVING-DECISION MAKING. (2015). EDUSAINS, 6(2), 201 – 210. https://doi.org/10.15408/es.v6i2.1152