PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI SCHOOLOGY DAN PENGARUHNYA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR GEOGRAFI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.15408/sd.v7i1.15489Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi Schoology terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI 2 Palembang pada bulan April sampai Mei 2019. Penelitian ini adalah penelitain kuantitatif dengan metode kuasi eksprimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA PGRI 2 Palembang yang berjumlah 180 orang. Sampel yang diambil menggunakan metode cluster random sampling dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yakni kelas XI IPS 2 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Instrument pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas dengan perhitungan uji chi-kuadrat dan uji homogenitas dengan perhitungan Uji Fishe sedangkan uji hipotesis data dianalisis menggunakan uji-Z.
Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen adalah 87% (sangat tinggi) dan untuk kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol adalah 85% (tinggi. Berdasarkan analisis uji-Z terdapat hasil perhitungan bahwa Ho diterima, karena Z hitung (0,45) & lt;Z tabel (1,64). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Schoology dapat mempengaruhi aktivitas belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA PGRI 2 Palembang.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Schoology, Aktivitas Belajar