Pemahaman Ekoliterasi terhadap Peserta Didik Kelas X – IPA 1 di SMAN 2 Majalaya

Authors

  • Tina Agustina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Enok Maryani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ahmad Yani Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Abstrak

Ekoliterasi penting untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran karena peserta didik memiliki peran sebagai agen yang mengembangkan pengetahuan, wawasan, sikap dan perilaku berkelanjutan di masyarakat (agent of change), agen yang memiliki kesadaran kondisi alamnya dan agen yang dapat menerapkan ekoliterasi dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik akan ekoliterasi diukur dengan pengetahuan, sikap, kesadaran dan partisipasi siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan Teknik pengumpulan kuisioner dan observasi, sampelnya adalah siswa kelas X IPA 1 di SMAN 2 Majalaya. Hasil penelitian peserta didik akan ekoliterasi menunjukkan bahwa pengetahuan cukup baik, kesadaran cukup baik, sikap tanggap terhadap lingkungan cukup baik, sikap isu lingkungan sangat khawatir dan partisipasi sedang.

Kata Kunci:  Ekoliterasi, Pemahaman, Kesadaran, Sikap, Partisipasi

Author Biographies

  • Tina Agustina, Universitas Pendidikan Indonesia
    Mahasiswa Pasca Sarjana Magister Pendidikan Geografi
  • Enok Maryani, Universitas Pendidikan Indonesia
    Guru besar dalam bidang geografi kepariwisataan di Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial (FPIS) tahun 2010 dibuktikan dengan adanya pidato pengukuhan yang berjudul “Dimensi Geografi dalam Kepariwisataan dan Relevansinya dalam Dunia Pendidikan”. Hingga saat ini beliau masih aktif dalam menghasilkan dalam berkarya menghasilkan berbagai macam karya ilmiah seperti penelitian, buku,artikel hingga makalah yang memperkaya pengetahuan tentang kegeografian sehingga banyak mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya menjadi Dosen teladan I tahun 1989 IKIP Bandung, Satyalancana Karya Satya 10 tahun dari Presiden Republik Indonesia dan Piagam karya Bakti Satya. Rektor UPI tahun 2003.
  • Ahmad Yani, Universitas Pendidikan Indonesia
    Sedagai Dosen tetap di universitas pendidikan Indonesia, pada tahun 2023 meraih gelar profesor/guru besar dibidang ilmu kurikulum dan pembelajaran Geografi

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles