Pengaruh Motivasi Bermain Game Online Mmorpg dan Dukungan Sosial Terhadap Adiksi Game Online Pada Remaja di Tangerang

Putri Rachmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi bermain game online dan dukungan sosial terhadap adiksi game online pada remaja. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 270 remaja pemain game online MMORPG yang tersebar di Indonesia. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala adiksi game online yang disusun oleh Law dan Chang (2007) skala dukungan sosial yang disusun oleh Sarafino (1998), skala motivasi bermain game online yang disusun oleh Yee (2006). Uji validitas alat ukur menggunakan CFA dan analisis statistik menggunakan multiple regression. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara bersamaan motivasi bermain game online MMORPG dan dukungan sosial mempengaruhi adiksi game online. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, disarankan untuk menambahkan variabel lain.

Keywords


motivasi bermain game online MMORPG, dukungan sosial, adiksi game online

References


Brian, D. & Hastings, P. W. (2005). Addiction to the internet and online gaming. Cyber Psychology & Behaviour, 8, (2). 110-114

Chandra, N. A. (2006). Gambaran dan Perilaku motivasi pemain online games. Jurnal Pendidikan penabur. 7, (5)

Greenfield, D. N, (2000). Psychological characteristics of compulsive internet use: A preliminary analysis. Cyber Psychology and Behavior, 5. 403-412

Lo, S. K, Wang, C. C., & Gang, W. C. (2005). Physical interpersonal relationships and social anxiety among online game players. Cyber Psychology and Behavior, 8, (1), 15-20

Sarafino, E.P. (1998). Health psychology biopsychological interactions. John Willey & Sons, Inc. United States of America

Suarez, Lidia., Cephas, F. W. & Smita Singh. (2012). Attechment styles, motivations, and problematic use of massively multiplayer online games. Doi: 10.7763/IPEDR, 53, (10)

Van Rooij, A. J. (2011). Online video game addiction.Exploring a new phenomenon [PhD Thesis]. Rotterdam, the Netherlands: Erasmus University Rotterdam

Yee, N. (2002). Ariadne- Understanding MMORPG addiction. http://www.nickyee.com/hub/addiction/home.html.

Young, K. (2009). Understanding gaming addiction. Center for internet addiction recovery. Diunduh dari www.netaddiction.com, tanggal 21 Mei 2013.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/tazkiya.v6i1.11012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.