ANALYZING IMMUNOLOGY SYSTEM CONTENT OF BIOLOGY REFERENCE BOOK BASED ON PROBLEM SOLVING AND SCIENTIFIC REASONING ASPECT

dhora vasminingtya charysma, sri Widoretno, Sri Dwiastuti

Abstract


Pemecahan masalah merupakan komponen utama pada keterampilan kognitif di abad ke 21 untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan global. Keterampilan pemecahan masalah atau problem solving didukung oleh berbagai keterampilan yang lain, salah satunya adalah penalaran ilmiah (scientific reasoning). Tujuan penelitian ini untuk melakukan analysis profile pada konten dan konteks dari modul biologi yang digunakan di sekolah SMA di Indonesia. Analysis dilakukan dengan menguji buku yang digunakan di SMA berdasarkan indikator yang dibangun dari interaksi aspek pemecahan masalah dan penalaran ilmiah.penelitian ini mengaplikasikan aspek penalaran ilmiah yang dibangun dari Toulmin Argument Pattern (TAP). Penelitian ini menghasilkan data dari studi kasus pada buku yang beredar di sekolah SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku biologi yang banyak beredar di pasaran dan sekolah belum memenuhi proporsi yang seimbang pada aspek pemecahan masalah dan penalaran ilmiah yang berdampak pada kurangnya keterampilan siswa dalam bernalar dan menemukan solusi dari masalah yang diberikan. Sebagai tambahan, aspek yang paling rendah yaitu aspek explore dan look back yang belum terakomodasi baik secara konten maupun konteks pada buku biologi yang ada di sekolah.


Keywords


Pemecahan Masalah, Penalaran Ilmiah, TAP



DOI: https://doi.org/10.15408/es.v10i2.8782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281

This is an open access article under CC-BY-SA license

 

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Indexed by: