ANALYZING IMMUNOLOGY SYSTEM CONTENT OF BIOLOGY REFERENCE BOOK BASED ON PROBLEM SOLVING AND SCIENTIFIC REASONING ASPECT

dhora vasminingtya charysma, sri Widoretno, Sri Dwiastuti

Abstract


ANALISIS KONTEN KONTEKS BUKU REFERENSI BIOLOGI MATERI SISTEM IMUN BERDASARKAN ASPEK PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN ILMIAH

 

Abstract

Problem-solving is a vital component under the cognitive standard of the 21st century skills for preparing students to face global competition. Problem-solving supported by another skill, one of which is scientific reasoning. Research objective is to analysis profile content and context of Biology module by interaction of problem-solving and scientific reasoning aspects. Research procedure was done by using descriptive qualitative. This research applied Toulmin Argument Pattern (TAP) as a basic framework to identify the scientific reasoning aspects. Data obtained from the questionnaire, survey, and analyze descriptively. Result indicates that the majority of Biology references doesn’t required of balance proportion interaction of problem-solving and scientific reasoning aspects. The lower aspect both of content and context was located in aspect explore the strategies and Look back and evaluate for Ground and Rebuttal aspects. In addition, this result can be used to inform future development of instruction and assessment problem solving and scientific reasoning skills.

Abstrak

Pemecahan masalah merupakan komponen utama pada keterampilan kognitif di abad ke 21 untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan global. Keterampilan pemecahan masalah atau problem solving didukung oleh berbagai keterampilan yang lain, salah satunya adalah penalaran ilmiah (scientific reasoning). Tujuan penelitian ini untuk melakukan analysis profile pada konten dan konteks dari modul biologi yang digunakan di sekolah SMA di Indonesia. Analysis dilakukan dengan menguji buku yang digunakan di SMA berdasarkan indikator yang dibangun dari interaksi aspek pemecahan masalah dan penalaran ilmiah.penelitian ini mengaplikasikan aspek penalaran ilmiah yang dibangun dari Toulmin Argument Pattern (TAP). Penelitian ini menghasilkan data dari studi kasus pada buku yang beredar di sekolah SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku biologi yang banyak beredar di pasaran dan sekolah belum memenuhi proporsi yang seimbang pada aspek pemecahan masalah dan penalaran ilmiah yang berdampak pada kurangnya keterampilan siswa dalam bernalar dan menemukan solusi dari masalah yang diberikan. Sebagai tambahan, aspek yang paling rendah yaitu aspek explore dan look back yang belum terakomodasi baik secara konten maupun konteks pada buku biologi yang ada di sekolah. 

 


Keywords


pemecahan masalah;Problem-solving skills; Scientific reasoning; Content; Context and Pedagogy ; penalaran ilmiah; konten dan konteks; modul; Biologi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/es.v10i2.8782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281

This is an open access article under CC-BY-SA license

 

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Indexed by: