DEVELOPING STUDENTS’ SCIENCE PROCESS SKILLS IN USING COLOR GRAB APPLICATION TO DETERMINE THE MASS OF COLORED SOLUTION

Ferli Septi Irwansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengembangan keterampilan proses sains mahasiswa pada penentuan massa zat larutan berwarna menggunakan aplikasi color grab. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian kelas pada mahasiswa mata kuliah kimia pemisahan sebanyak 33 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas mahasiswa, lembar kerja praktikum, dan daftar ceklis kinerja mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan smartphone dalam praktikum penentuan massa zat larutan berwarna dapat mengembangkan KPS mahasiswa. Keterampilan proses sains mahasiswa secara keseluruhan diinterpretasikan sangat baik dengan nilai rata-rata 81, dengan perolehan nilai pada indikator merencanakan percobaan 82, mengamati 92, menafsirkan data 84, menyimpulkan 66, dan mengomunikasikan 79. Aktivitas mahasiswa pada percobaan menggunakan smartphone secara keseluruhan sangat baik dengan persentase 96%.


Keywords


keterampilan Proses Sains, smartphone, larutan berwarna



DOI: https://doi.org/10.15408/es.v10i2.7824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281

This is an open access article under CC-BY-SA license

 

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Indexed by: