STUDENTS ATTITUDE OF PHYSICS LESSON IN SENIOR HIGH SCHOOL

Astalini Astalini, Maison Maison, Dwi Agus Kurniawan, Senja Yuniyarsih

Abstract


Sikap adalah prilaku yang diadaptasi dan diterapkan pada situasi khusus, dapat berupa minat/perhatian, apresiasi, suka, tidak suka, opini, nilai-nilai, dan ide-ide dari seseorang. Fisika adalah salah satu bagian dari ilmu pengethuan alam yang mempelajari hukum-hukum alam secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap mata  pelajaran Fisika di SMA Negeri 6 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran dengan strategi penelitian adalah squential exsplanatory. Adapun subjek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA, XI IPA, dan XII IPA SMA Negeri 6 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan instrumen aget yang bersifat tertutup serta wawancara yang bersifat semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan dimensi sikap terhadap penyelidikan ilmiah memiliki kategori sikap cukup baik dengan persentase 51%, dimensi sikap adopsi sikap ilmiah memiliki kategori sikap baik dengan persentase 59%, dimensi sikap kesenangan dalam belajar Fisika memiliki kategori sikap cukup baik dengan persentase 51%, serta dimensi sikap ketertarikan memperbanyak waktu belajar Fisika memiliki kategori sikap cukup baik dengan persentase 55%.


Keywords


Sikap, Dimensi Sikap, Fisika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ EDUSAINS.  P-ISSN: 1979-7281; E-ISSN: 2443-1281

This is an open access article under CC-BY-SA license

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Indexed by: