Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Sosial Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 15 Palembang

Amrina Muthi'ah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 15 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data dilakukan di kelas XI IPA 4 dengan jumlah siswa 28 orang dan di kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 25 orang. Berdasarkan hasil analisis tes kemampuan kognitif diperoleh nilai rata-rata tes awal pada kelas eksperimen yaitu 49,91 dan pada kelas kontrol yaitu 49,2. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diperoleh data tes akhir pada kelas eksperimen yaitu 79,01 dan pada kelas kontrol 68,2. Berdasarkan data hasil uji-t kemampuan kognitif diperoleh thit > ttab yaitu 5,573 > 2,008 maka Ho ditolak. Hasil analisis observasi keterampilan sosial siswa diperoleh data rata-rata tiga petemuan untuk kelas eksperimen yaitu 83,92 dan untuk kelas kontrol yaitu 59,42. Berdasarkan data hasil uji-t keterampilan sosial siswa diperoleh thit > ttab yaitu 9,490 > 2,008 maka Ho ditolak. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 15 Palembang. Adapun hasil uji korelasi dua variabel tersebut memiliki signifikansi lebih rendah dari 0,05 (Sig < 0,05) yaitu 0,002 dan nilai koefisien korelasinya yaitu 0,549 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa dengan arah hubungan yang positif.


Keywords


Jurnal Pendidikan Biologi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ EDUSAINS.  P-ISSN: 1979-7281; E-ISSN: 2443-1281

This is an open access article under CC-BY-SA license

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Indexed by: