PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PROFILE OF PROSPECTIVE CHEMISTRY TEACHER

Tonih Feronika

Abstract


ABSTRAK

Pada tahun 2013 Dilek Karışan dan Ayşe Şenay melakukan eksperimen mengivestigasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru sains dari di Turki dihasilkan bahwa kertelibatan guru secara baik menentukan pembentukan Content Knowledge secara optimum dalam pencapaian kurikulum, peningkatan pengetahuan dan siswa siap untuk belajar. Program Studi Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mencetak calon Guru kimia yang harus memiliki kompetensi pedagogik dan professional,untuk mendapatkan informasi kongkrit dari kompetensi mahasiswa sebagai dasar untuk mengembangkan kurikulum KKNI Program Studi Pendidikan Kimia. Maka dengan ini peneliti akan mendeskripsikan Profil Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Kimia.. Melalui metode deskriptif kualitatif Penguasaan pemahaman PCK dengan menganalisis Jawaban hasil tes menggunakan  Kriteria Certainty of Response Index (CRI), Hasil penelitian Profil PCK calon guru kimia adalah tahu konsep (49,7%) dan miskonsepsi (50,3%). Berdasarkan pengusaan konsep kimia calon guru adalah tahu konsep (40,4%) dan tidak tahu konsep (59,6%). Hasil ini menjadi pertimbangan terhadap Lembaga  Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) khususnya Program Studi Pendidikan Kimia sebagai dasar dalam mengembangkan  Kurikulum  KKNI dalam penyusunan Learning Outcome Program studi dan Rencana Perkuliah Semester.

Kata Kunci : Pedagogical Content Knowledge , Calon Guru


Keywords


Jurnal Pendidikan Kimia



DOI: https://doi.org/10.15408/es.v10i2.6435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281

This is an open access article under CC-BY-SA license

 

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Indexed by: