The Implementation of Digital Media ClassDojo with the Flipped Classroom Model in Arabic Language Teaching

Chadijah Qubro Lubis

Abstract


Teknologi pendidikan merupakan alat penting untuk memajukan proses belajar mengajar, yang mendorong para peneliti untuk mengeksplorasi media digital yang mendukung. Studi ini meneliti dampak penerapan alat digital ClassDojo dengan model Flipped Classroom dalam pengajaran bahasa Arab kepada siswa kelas sembilan di dua sekolah di Medan. Penelitian ini menanggapi meningkatnya kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa dan untuk mendorong keterlibatan yang lebih besar dalam proses pembelajaran, terutama di tengah pergeseran ke model berbasis teknologi yang mendukung pembelajaran mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan dikategorikan sebagai penelitian lapangan (penelitian kepustakaan). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta data kualitatif dari sumber primer seperti siswa dan guru, dan sumber sekunder seperti penelitian sebelumnya dan literatur yang relevan. Para peneliti menganalisis data menggunakan alat analisis statistik dan memeriksa lebih lanjut data wawancara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dampak penerapan model Flipped Classroom dengan ClassDojo pada pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ClassDojo dalam model Flipped Classroom secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dibandingkan dengan metode tradisional. Studi ini berkontribusi pada penelitian yang ada dengan menyoroti nilai mengintegrasikan teknologi pendidikan dengan model inovatif seperti Flipped Classroom untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan menyediakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan.


Keywords


ClassDojo, Flipped Classroom, Educational Technology, Arabic Language Teaching

References


السهلي, ا. ب. ح. أ., و العمودي, ه. ب. س. أ. (2022 ه). فاعلية استراتيجية الصف المقلوب باستخدام تطبيق كلاس دوجو (ClassDojo) بمُقرَّر الفيزياء لتنمية مهارات التعلُّم المُنظَّم ذاتيا لدى طالبات المرحلة الثانوية. المجلة المصرية للتربية العلمية, 25(4), 127–155.

الشرحة, أ. أ. إ. ع. ا., أ. أشرف إبراهيم عبد الحميد, زيدان, المشرف, و أ. د. ع. ح. (2024 ه). درجة أهمية الوسائل التعليمية في مدارس تربية وتعليم جنوب الخليل من وجهة نظر معلمي اللغة العربية. دراسات عربية في التربية وعلم النفس, 150(1), 59–78.

بونوة, ن., و تحريشي, ع. ا. (2018 ه). الوسيلة التعليمية وأهميتها في تحسين جودة الداء التربوي. مجلة البدر, 10(5), 459–470.

Bishop, J. L., & Verleger, M. A. (2013). The Flipped Classroom: A Survey of the Research. ASEE Annual Conference and Exposition.

Chiarelli, M., Szabo, S., & Williams, S. (2006). Using ClassDojo to help with Classroom management during guided reading. Texas Journal of Literacy Education, 3(2), 81–88.

Masruri, M., Murtiyasa, B., & Muhibbin, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Class Dojo Sebagai Pengganti Buku Penghubung Orang Tua Siswa Di SD Djamaatul Ichwan Program Utama Surakarta. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nuriyawan, A., & Wibawa, S. C. (2020). Studi komparasi penggunaan platform socrative dan classdojo di kelas google classroom. Jurnal IT-EDU, 05(01), 262–272.

Selian, S. N. (2024). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Syiah Kuala University Press.

Yasin, M., Judijanto, L., Andrini, V. S., Patriasih, R., Hutami, T. S., Hasni, H., & Triyana, N. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Teknologi: Teori dan Implementasi. PT. Green Pustaka Indonesia.




DOI: 10.15408/zr.v21i2.42385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.