UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI BERSIH ITU SEHAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 24 MANGGAR

Misniati Misniati, Burhanudin Milama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode demonstrasi dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) pada bersih itu sehat melalui metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 24 Manggar. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Penggunaan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode demonstrasi yang menggunakan gambar-gambar dan video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI khususnya dalam aspek fiqh. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa kelas IV.B SD Negeri 24 Manggar yang terus meningkat pada setiap siklus, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu silus I (43,5%)% ), siklus II (82,6% ), dan siklus III (95,7%)


Full Text:

PDF

References


Syamsudin Makmun, 2002: Psikologi Kependidikan, Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Remaja Rosdakarya: bandung.

Dasim Budimansyah, Dr., M.Si, 2003: Model Pembelajaran Berbasis Portofolio, Genesindo: Bandung.

Dave Meier, 2002: The Accelerated Learning Handbook, Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan, Kaifa: Bandung.

Haryono, 2004. Konsep dan Terapan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Konteks RRG, UNNES Semarang.

Herianingtyas, N. L. R. (2017). Mewujudkan 21st Century Learning Berbasis Karakter Melalui Implementasi Taxonomy for Science Education di Sekolah.

Pasaribu, IL dan B. Simandjuntak. (1986). Didaktik Dan Metodik. Bandung: Tarsito.

Tarsito Suriswo, 2005: Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan, Tegal: UPS Tegal Wardono, 2003.

Penerapan Mathematics Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kesukaan Belajar dan Kreativitas Bidang Matematika pada Siswa SLTP, Fakultas MIPA Jurusan Matematika UNNES Semarang.

Sutrisno, Hadi, 1993: Metodologi Research Jilid I, Yogyakarta: And offset.

Sunaryati, T., Luthfi, N., & Herianingtyas, R. (2021). Penerapan Scientific Approach Dalam Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan, 1(1), 74-75.

Winarni, Endang Retno, 2004. Hand Out mata Kuliah Metode Penelitian Kelas, Fakultas MIPA Jurusan Matematika UNNES Semarang

Winkel, WS, 1993: Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia

Zaini, Hysam et.al, 2002: Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.