Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Hidup Tenang Dengan Berperilaku Terpuji Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Di SDN 8 Simpang Pesak

Rizqa Wahyuni, Buchori Muslim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model make a match dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) pada aspek akhlak (materi perilaku terpuji) dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas III SDN 8 Simpang Pesak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisa kualitatif dan kuantitatif menggunakan rumus presentase. bahwa penerapan pembelajaran secara kooperatif dengan menggunakan model make a match ternyata mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pendidikan agama islam, khususnya dalam materi shalat, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu data awal 50%, siklus I (58%) dan siklus II (100%).


Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Herianingtyas, N. L. R. (2017). Mewujudkan 21st Century Learning Berbasis Karakter Melalui Implementasi Taxonomy for Science Education di Sekolah.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mukhlis, S., & Herianingtyas, N. L. R. (2021). Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 64-75.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. (2010). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.