Implementasi Pembelajaran Mata Kuliah Tahsinul Khat dalam Memperbaiki Tulisan Arab Mahasiswa PGMI Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
Abstract
Abstrak
Takhsinul khat merupakan seni menulis huruf indah bahasa Arab yang penting dipelajari oleh calon guru bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran tahsinul khat dalam memperbaiki tulisan Arab mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia. Teknik pengumpulan data penelitian penelitian ini adalah kualitatif dengan strategi studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengembangan validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mata kuliah tahsinul khat dapat memperbaiki tulisan arab mahasiswa PGMI Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia. Kendala dalam pembelajaran tersebut yakni, kurangnya fasilitas, buku rujukan, dan jam pertemuan perkuliahan. Adapaun upaya yang dilakukan oleh pengajar adalah merencanakan pengadaan fasilitas seperti ruang khusus tahsinul khat yang dilengkapi dengan meja dan kusi serta alat tulis, pengadaan buku rujukan, dan diadakannya kelompok pelajar khat sebagai tempat pelatihan tahsinul khat di luar jam perkuliahan.
Kata Kunci: Implementasi; Pembelajaran; Tahsinul Khat
Full Text:
PDFReferences
Alp Christ, Ayşenur, Vanda Capon-Sieber, Urs Grob, and Anna Katharina Praetorius, ‘Learning Processes and Their Mediating Role between Teaching Quality and Student Achievement: A Systematic Review’, Studies in Educational Evaluation, 75.October (2022), 0–2
Dedi Mustofa, ‘Pembelajaran Kaligrafi Dasar untuk Melatih Kemahiran Menulis Bahasa Arab bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah’, Dimar Jurnal Pendidikan Islam, 2.1 (2020),5–24
Fadli, Muhammad Zul, ‘Implementasi Model Learning Cycle 5E Berbantu Media Video Pembelajaran di Kelas Online’, 8.20 (2021), 34–44
Huda, Nurul, ‘Implementasi Jenis Khat Naskhi dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3.2 (2017), 291–316
Joyce, Bruce, and Marsha Weil, Fifth Edition Models of Teaching (New Delhi: Prentice Hall of India, 2003)
Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman, Qualitative Data Analysis, Sage Publications, 1994
Munawwir, Ahmad Warson, Kamus Al-Munawwir (Surabaya: Pustaka Progresif, 1997)
Musa, N I K Yusri, Nazri Muslim, and Jamsari Alias, ‘Sejarah Perkembangan Seni Khat dan Pengaruhnya terhadap Tulisan Jawi di Nusantara’, Malim: Jurnal Pengajian Umum Asia Tenggara (Sea Journal of General Studies), 18 (2017), 30–42
Prameswati, Laudria Nanda, ‘Implementasi Problem Based Learning dalam Mengoptimalkan Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa Putera Asih Kediri’, 7.1 (2020), 33–42
Rohmah, Maidatur, and Najih Anwar, ‘Implementation of Learning Khot Naskhi and Riq ’ Ah at Ma ’ Had Umar Bin Al -Khattab Putri of Sidoarjo Impelentasi Pembelajaran Khot Naskhi Dan Riq ’ Ah Di Mahad’, 2018, 1–8
Suwandi, Sarwiji, Pendidikan Literasi (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2019)
Yin, Robert K., Case Study Research and Applications Design and Methods (SAGE Publications, Inc., 2018)
Yin, Robert K., Qualitative Research from Start to Finish (Guilford Press, New York., 2011)
DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v10i5.36308 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.